• Senin, 26 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TARAKAN (KutaiRaya.com) - Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) selain dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kepiting untuk perdagangan antarpulau juga sebagai eksportir kepiting.

Di kota Tarakan juga memiliki makanan khas yang sudah cukup terkenal seperti masakan kepiting kenari Tarakan.

Tak heran jika kota Tarakan merupakan salah satu penghasil kepiting terbesar, maka kota ini memiliki icon salah satunya kepiting.

Untuk itu Lapas Tarakan membuat patung icon kota Tarakan yakni patung kepiting, yang lokasinya di depan Lapas Tarakan. Dikerjakan oleh 5 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Pengerjaan ini dipelopori oleh Kalapas Tarakan Ridwantoro, karena melihat bahwa salah satu penghasilan masyarakat di Tarakan berasal dari mengambau kepiting.

"Pengerjaan pembuatan patung ini sudah berjalan sekitar satu bulan, tujuannya agar masyarakat diluar juga tahu kalau WBP kami juga bisa beroperasi seperti masyarakat umum diluar tentu dengan persyaratan yang berlaku, " tutur Kalapas Tarakan Ridwantoro.

Selain pengejaran patung icon kepiting lanjut Ridwantoro, pihaknya juga membangun cafe yang juga melibatkan WBP.

"Selain itu ada pembangunan Cafe di belakangnya, yang berasal dari kegiatan pelatihan keterampilan WBP juga sebanyak 10 orang dengan instruktur dari LPK Cendikia Tarakan, " tutupnya. (One)

Pasang Iklan
Top