• Rabu, 24 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pemeriksaan hewan kurban

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 H/ 2023, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan pemeriksaan hewan kurban ke 8 titik, pada Rabu (21/6/23).

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak Kukar, Aji Gazali Rahman mengatakan pemeriksaan ini dilakukan memastikan kesehatan hewan apakah sudah di vaksin atau belum. Kemudian hewan dilihat dari luar, tidak ada gejala yang menunjukkan gejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), selain itu dilihat dari kaki sampai mulutnya itu mulus, tidak ada gangguan kesehatan.

"Pemeriksaan ini kami lakukan di 8 titik di Tenggarong yang tersebar di beberapa tempat salah satunya di Bukit Biru, Jalan Jelawat dan Jalan Lais. Kemudian ada juga pemeriksaan di kecamatan lain oleh petugas di handle oleh UPT Puskeswan di masing-masing kecamatan." sebut Gazali.

Ia mengungkapkan adapun sapi yang ada di Kukar sebagian didatangkan dari luar daerah seperti Ternate, dan Mamuju. Sementara untuk sapi milik Pemkab Kukar itu dari Lombok Tengah, dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kita lakukan pengecekan serentak se Kukar, karena masih ada jeda waktu beberapa hari, namun tidak harus hari ini nanti menjelang hari H baru datang, nah itu kan perlu kita periksa. Dimana hewan yang siap kurban sudah vaksin ke 2, jadi efek vaksin itu kita jeda waktu 5 hari sebelum dipotong sehingga hewan aman dikonsumsi." ungkapnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top