• Kamis, 25 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Festival Expo Adat dan Modern 2023 yang diselenggarakan Desa Benua Puhun, Kecamatan Muara Kaman berjalan lancar dan sukses. Bahkan kegiatan yang baru pertama kali digelar ini mampu menyedot antusias ribuan masyarakat.

Kegiatan yang digagas oleh Pemerintah Desa Benua Puhun ini selain menampilkan berbagai kegiatan baik dari adat dan modern berupa lomba karoke, lomba bemamai, lomba akustik, lomba begasing, lomba ketinting, lomba memancing, zumba. Juga melibatkan puluhan pelaku UMKM yang ada di Desa Benua Puhun sehingga pendapatan pelaku UMKM meningkat.

Kepala Desa Benua Puhun H Ardinansyah mengatakan kegiatan expo adat dan modern yang dilaksanakan 10 Juni sampai 18 Juni 2023 berjalan lancar dan baik berkat kerjasama seluruh panitia pelaksana serta seluruh masyarakat Desa Benua Puhun khususnya.

"Kami atas nama kepala desa sangat bangga sekali kegiatan expo ini digagas oleh teman-teman dari pemdes. Kegiatan yang terlaksana selama 9 hari dari awal sampai sekarang luar biasa panitia yang kerja tanpa kenal lelah siang dan malam." kata H Nan sapaan akrab H Ardinansyah Minggu (18/6/23).

Selain itu lanjut H Nan, dengan adanya kegiatan ini bisa menggali situs-situs yang ada di Kecamatan Muara Kaman yaitu Kerajaan Mulawarman dan itu diharapkan bisa diperhatikan untuk pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

"Kita ingin mengangkat sejarah yang ada di muara kaman dan bisa dibuatkan wisata yang bisa terkenal di Indonesia. Karena Kerajaan Mulawarman itu memang ada dulunya di Muara Kaman. Dengan adanya acara expo adat dan modern ini kami terus menggagas bagaimana situs yang ada di muara kaman bisa terangkat." ungkapnya.

Ia berharap kegiatan ini di tahun selanjutnya tetap akan digelar dan masyarakat bisa menikmati acara hiburan. Acara tersebut dihadiri dari berbagai desa dan kecamatan. Contoh saat lomba ketinting dihadiri dari Nunukan, Sangkulirang, Berau, Kutim, semuanya ngumpul disini. Kurang lebih 4 ribu orang tumpah ruah di Desa Benua Puhun.

"Ke depan akan kami gagas lebih baik lagi, apa yang hari ini menjadi kekurangan insyallah akan kami tambahkan di tahun tahun yang akan datang." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top