• Senin, 26 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Terobosan baru dilakukan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Kutai Kartanegara dengan menggelar Lomba Olahraga Tradisional Piala Sultan Bergilir untuk pertama kalinya, dipusatkan di area Museum Mulawarman TenggarongTenggarong mulai 16 sampai 18 Juni 2023.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten I Setkab Kukar Ahmad Taufik Hidayat, dihadiri Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Adji Muhammad Arifin, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Danramil Tenggarong, Polsek Tenggarong, Ketua KORMI Kukar Lukman dan peserta lomba olahraga tradisional.

Dalam sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah yang dibacakan Asisten I Setkab Kukar Ahmad Taufik Hidayat mengatakan, bahwa partisipasi kita semua dalam acara pagi hari ini menjadi bukti bahwa olahraga tradisional tak pernah lekang oleh waktu dan senantiasa terus berkembang sejalan dengan perkembangan masyarakatnya.

"Acara yang dilaksanakan di halaman depan Meseum Mulawarman Tenggarong ini sejak tanggal 16-18 Juni 2023 kita harapkan dapat terlaksana dengan sukses, sekaligus mampu mengangkat kearifan lokal budaya dan olahraga tradisional masyarakat Kabupaten Kukar," harap Ahmad Taufik Hidayat, Jum'at (16/06/2023).

Ia mengungkapkan, Lomba Olahraga Tradisional Piala Sultan Bergilir tahun 2023 ini dilaksanakan sebagai even olahraga masyarakat di bawah kendali KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Kabupaten Kukar sembari bermaksud menjaga tradisi dan marwah Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Pemkab Kukar melalui Dispora Kukar pada prinsipnya senantiasa mendukung berbagai upaya untuk berkembangnya berbagai cabang olahraga masyarakat di bawah naungan KORMI Kabupaten Kukar.

Seperti diketahui, cabang olahraga masyarakat di bawah naungan KORMI terdiri atas olahraga petualangan dan tantangan (OPT), olahraga kesehatan dan kebugaran (OKK), dan olahraga tradisional dan kreasi budaya (OTKB). Berkembangnya berbagai cabang olahraga masyarakat ini sepatutnya terus didukung pengembangannya di daerah.

"Pemkab Kukar melalui implementasi visi misi KUKAR IDAMAN berupaya mendorong agar pengembangan kapasitas dan daya saing keolahragaan daerah terus dilakukan. Target Pemkab Kukar melalui upaya ini ialah agar capaian prestasi dapat terus meningkat, bahkan diharapkan dapat ikut menampilkan peran serta masyarakat di dalam agenda olahraga nasional," tuturnya.

Selanjutnya, Pemkab Kukar berharap melalui Lomba Olahraga Tradisional Piala Sultan Bergilir tahun 2023 yang akan memperlombakan cabang olahraga tradisional, seperti: Begasing, Belogo, Menyumpit, Ketapel, Enggrang dan Dagongan, yang merupakan warisan leluhur Orang Kutai di masa lalu sudah pasti memiliki nilai-nilai filosofis yang tinggi. Di samping itu, marwah Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura akan turut terangkat bersama rekatnya kebersamaan, kerjasama, semangat gotong royong, serta saling menghargai, menjadi nilai-nilai luhur yang sepatutnya untuk kita lestarikan.

"Pemkab Kukar mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pengurus KORMI Kabupaten Kukar beserta seluruh Inorga yang terlibat atas terselenggaranya acara ini. Kepada Yang Mulia Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura, Ayahanda Sultan Drs. Aji Muhammad Arifin, M.Si. dihaturkan terimakasih atas dukungan secara maksimal yang diberikan sehingga kualitas olahraga masyarakat di daerah ini ke depannya dapat terus meningkat, dan bagi para pegiat olahraga tradisional diharapkan untuk terus mengasah kemampuannya untuk meraih keunggulan dalam setiap ajang perlombaan, baik dalam even Festival Olahraga Rekreasi Provinsi (FORPROV) maupun Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS)," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top