• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kades Benua Puhun, H Ardinansyah foto bersama disela sela acara expo

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Kegiatan Festival Adat Modern Expo tahun 2023, yang diselenggarakan Pemerintah Desa Benua Puhun, Kecamatan Muara Kaman digelar untuk pertama kalinya. Festival ini dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Gelora Haur Kuning Desa Benua Puhun mulai tanggal 10-18 Juni 2023.

Tujuan kegiatan ini ingin menonjolkan kearifan lokal festival adat dan festival modern dengan turut dimeriahkan bazar UMKM untuk peningkatan perekonomian masyarakat

Kades Benua Puhun, H Ardinansyah mengatakan bahwa festival ini dilaksanakan untuk pertama kalinya di Benua Puhun. Ada banyak kegiatan yaitu bazar UMKM, lomba begasing, lomba mancing, lomba bemamai, lomba kuliner, lomba balap ketinting atau perahu motor, lomba gapura untuk seluruh RT di Desa Benua Puhun, lomba karaoke dangdut dan lomba musik akustik.

Kemudian ada juga beberapa lomba tradisional seperti lomba begasing lomba ketinting lomba kuliner lomba bemamai dan lain-lain. Dan untuk festival modern yaitu seperti ada lomba karaoke dangdut dan akustik.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, geliat perekonomian masyarakat semakin meningkat. Dan kami berharap kepada semua pihak turut mendukung dan mensukseskan festival ini. Agar nantinya Festival Adat/modern Ekspo Desa Benua Puhun ini bisa terselenggara setiap tahunnya dan bisa masuk ke dalam kalender event tetap di Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara dalam upaya bersama mendukung Dedikasi Kukar Idaman yakni Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F)." ungkap H Ardinansyah.

Sementara Ketua Panitia Festival, Hendra menambahkan festival diharapkan bisa mendatangkan banyak orang ke Desa Benua Puhun. Selain itu juga turut memperkenalkan Desa Benua Puhun secara luas lagi.

Ia menyebut panitia telah menyiapkan puluhan lapak untuk bazar UMKM di festival adat/modern Ekspo Desa Benua Puhun ini. Kemudian panitia juga akan menampilkan beberapa penampilan biduan untuk menghibur masyarakat yang ingin berbelanja dan berkunjung ke stand-stand ekspo yang telah disediakan.

Hendra berharap festival ini bisa digelar setiap tahunnya di Desa Benua Puhun dan menjadi agenda rutin Pemkab Kukar yang berlangsung di kecamatan-kecamatan.

"Mudah-mudahan festival ini masuk di kalender event Dispar Kukar dan Festival Adat Modern Ekspo Desa Benua Puhun ini bisa terlaksana setiap tahunnya," tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top