• Selasa, 05 Maret 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





BONTANG (KutaiRaya.com) – Mitra binaan program CSR PT Pertamina EP (PEP) Sangatta Field dan PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) mengikuti ajang kompetisi dan ekshibisi para inovator pada Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) IX tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang diselenggarakan di Bontang (9-13/05/2023).

Pada gelaran yang juga dihadiri oleh berbagai UMKM dari Kabupaten dan Kota di Kaltim, Kelompok Trigona Reborn Kebun Kelulut, mitra binaan PEP Sangatta Field menampilkan Bee-sap, yaitu alat panen madu dengan inovasi fitur sensor ketinggian dan fitur saringan otomatis. Sementara, Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Balanipa binaan PHSS menampilkan inovasi pemanfaatan tali kapal bekas yang didaur ulang menjadi tali rumpon.

Head Communication Relations & CID Zona 9 yang membawahi PEP Sangatta dan PHSS, Elis Fauziyah menyampaikan bahwa kedua mitra binaan Perusahaan memamerkan inovasi yang mereka ciptakan.

"Pada inovasi Bee-sap, sensor ketinggian berfungsi memutus arus listrik secara otomatis ketika botol madu sudah terisi penuh. Sementara, fitur saringan berfungsi menyaring kotoran madu yang masuk ke dalam botol sehingga madu menjadi lebih higienis dan menghemat waktu pemanenan," jelas Elis.

Selain Bee-sap, Elis menjelaskan bahwa Trigona Reborn juga menampilkan produk-produk Kebun Kelulut seperti madu kelulut, kukis jahe kelulut, emping jahe kelulut, the madu kelulut, dan permen madu kelulut.

Pada gelaran ini, Elis memaparkan bahwa KUBE Balanipa menciptakan alat untuk memintal tali kapal bekas yang diberi nama Barotech, Balanipa Rope Technology.

"Barotech didesain oleh Sahabudin, Local Hero KUBE Balanipa. Balanipa juga mengajak mitra binaan CSR PHSS yang tergabung dalam Jagoan Usaha PHSS, antara lain Amplang Saliki dan UMKM Kompetitif Handil," imbuhnya.

TTG IX Kaltim digelar sebagai ajang kompetisi dan ekshibisi para inovator dalam empat kategori; Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek), Pos Pelayanan Teknologi (Postaktekdes), Teknologi Tepat Guna Unggulan, dan Inovasi Teknologi Tepat Guna.

Menurut Elis, Perusahaan berkomitmen untuk terus menjalankan program-program CSR yang inovatif dan berkelanjutan sehingga dapat mendukung pencapaian tujuan-tujuan pengembangan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

"Kami percaya bahwa masyarakat yang berkembang dan mandiri akan dapat mendukung hubungan yang harmonis serta keberlangsungan operasi dan bisnis perusahaan," pungkasnya. (One)

Pasang Iklan
Top