• Senin, 26 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pengembangan sector pertanian dengan cara memaksimalkan peran Bumdes

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Desa Tanjung Batu terus berupaya meningkatkan potensi disektor pertanian. Salah satunya dengan cara memaksimalkan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan bekerjasama dengan pihak ketiga sebagai investor. Dengan adanya campur tangan pihak ketiga akan memberikan yang peningkatan signifikan bagi pengembangan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Desa (Kades) Tanjung Batu, Husniansyah belum lama ini.

Dijelaskannya bahwa sektor pertanian dalam arti luas yang dikembangkan bersama Kodim 0906/Kukar melalui program Sinergi Hijau Kodam VI/Mulawarman akan terus berlanjut.

"Desa Tanjung Batu memiliki lahan produktif yang luas yang dapat dimanfaatkan, kita tidak bisa melakukannya sendiri, tetapi harus ada peran dari pihak ketiga, terutama investor," ujar Husniansyah

Ia menyebut untuk luas lahan produktif di Desa Tanjung Batu, mencapai 460 hektar (ha), dan saat ini baru 60 ha yang telah dimanfaatkan. Maka harus ada langkah-langkah yang jelas untuk mengelola lahan yang cukup luas ini.

Selain itu, Pemdes Tanjung Batu juga bekerjasama dengan akademisi dari Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda dan Institut Teknologi Kalimantan yang memiliki keahlian di bidang pertanian.

"Untuk saat ini kami fokus untuk mengembangkan pertanian padi sawah, tanaman hortikultura, dan perikanan. Kami akan mengoptimalkan kelompok tani yang sudah sah terbentuk. Ada 9 kelompok tani dengan rata-rata anggota 25 orang," tutup Husniansyah. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top