• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sekertaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono melaunching Aksi Perubahan, Peserta Diklat Kepemimpinan Administrator Angkatan I Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah (KDOD) LAN Samarinda tahun 2023 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kukar. Bertempat di Ruang Serbaguna Jum'at (26/5/23).

Kegiatan tersebut dirangkai dengan penyerahan penghargaan oleh Sunggono kepada lima peserta diklat yang berasal dari OPD di Kukar.

Sekda Kukar Sunggono mengatakan dalam rangka masyarakat memberikan maupun ASN informasi Kabupaten kepada Kutai di Kartanegara berupa inovasi yang dilaksanakan melalui sebuah Aksi Perubahan. Namun, tidak hanya itu, agenda ini diharapkan juga mampu mendudukan kesamaan persepsi dan pemahaman ASN tentang hal- hal yang berkaitan dengan "Aksi Perubahan Kinerja Organisasi" sebagai bagian yang integral dalam agenda "Aktualisasi Kepemimpinan Administrator".

"Hari ini kita sama-sama menyaksikan, launching atas 5 kasi perubahan dari 5 ASN kita dari pejabat administrator yang mengikuti Diklat D2 di LAN Samarinda." kata Sunggono Jum'at (26/5/23).

Ia menyebut diantara aksi perubahan itu yang sesuai dengan tupoksi OPD, tiga diantaranya aksi perubahan yang berbasis aplikasi baik itu Si Jaja, Si Jangkung, Sintaku, Arts, dan Pasar Sehat tidak berbasis aplikasi tapi mengangkat kearifan lokal untuk arsitektur Kukar yang dijadikan kebijakan pemerintah daerah untuk membangun arsitektur fasilitas umum dan fasilitas sosial yang ada di Kukar

Sedangkan untuk pasar sehat proyek perubahannya diarahkan kepada bagaimana nantinya akan mengupayakan dan memastikan pengelolaan pasar pasar di Kukar bisa terkelola bersih dan baik.

"Kita harapkan aksi perubahan ini tidak hanya sekedar menjadi dokumen untuk kepentingan merek dinyatakan lulus atau tidak lulus di kegiatan diklat itu. Tapi memang mampu terlaksana dan bisa memberikan manfaat serta yang lebih penting dia berbentuk aplikasi itu juga bisa diakses dan bisa di follow up. Jadi tidak hanya aplikasi formal tapi juga bisa diakses oleh banyak pihak atau bisa ditindaklanjuti oleh OPD pemilik aplikasi itu." tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut para Staf Ahli Bupati Kukar, Para Asisten Setda, Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah (Pustatbang KDOD) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Samarinda Dr. Muhammad Aswad, kepala OPD terkait dan undangan lainnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top