• Jum'at, 24 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala Desa Sabintulung Arta)


KUKAR (KutaiRaya.com) - Indonesia adalah pengekspor minyak sawit mentah terbesar di dunia. Kebun yang amat luas dan produksi CPO yang amat besar ini menempatkan Indonesia sebagai penguasa utama pasar CPO global.

Karena lokasi kebun-kebun sawit itu tersebar di berbagai provinsi, terutama di pulau Sumatera dan Kalimantan, tentu sangat banyak pula desa-desa yang sebagian wilayahnya didominasi kebun sawit. Salah satu desa yang sebagian wilayahnya berupa perkebunan sawit adalah Desa Sabintulung Kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kukar.

Karena wilayah Desa Sabintulung didominasi perkebunan sawit, jelas bahwa itulah salah satu potensi desa yang utama. Dan Desa Sabintulung pun memiliki BUMDes yang salah satu unit usahanya bermitra dengan perusahaan sawit yakni jasa angkutan.

Kades Sabintulung Arta mengatakan, perusahaan sawit yang ada di Desa nya seperti PT Cahaya Anugerah Plantation, PT. Kencana Grup dan lainnya, tentu pihaknya memanfaatkan keberadaan perusahaan sawit tersebut dengan bermitra melalui BUMDes "Olah Bebaya Maju Bersama" yakni jasa angkutan.

"BUMDes kita beroperasi sejak 2019 dan kini dalam proses berkembang. Salah satu unit usaha yakni bermitra dengan perusahaan yang ada di sekitar Desa Sabintulung yakni angkutan sawit, dan melibatkan masyarakat Desa yang memiliki unit angkutan," ujarnya.

Arta menambahkan, tentunya peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kami dalam mewujudkan desa mandiri diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja, menumbuhkan kegiatan ekonomi masyarakat, memberikan kemudahan akses usaha.

"Dan terpenting tentunya meningkatkan pendapatan asli desa (PADes) untuk kesejahteraan masyarakat Desa Sabintulung, " tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top