• Senin, 26 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Desa (Kades) Beringin Agung, Kusnadi

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Desa Beringin Agung, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sukses mengelola peternakan sapi. Potensi peternakan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat setempat untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

Dalam pengembangan ternak sapi ini telah berjalan sejak lama yang dikelola oleh warga setempat, namun seiring berjalannya waktu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) turut andil mengelolanya.

Kepala Desa (Kades) Beringin Agung, Kusnadi mengungkapkan saat ini pengelolaan yang dilakukan BUMDes sedang dalam tahap penggemukan sapi. Dengan sistem melepas liarkan sapi di area lahan sawit, mengingat banyaknya lahan sawit milik perusahaan yang ada di Desa Beringin Agung cukup luas. Sehingga cocok untuk pengembangan sapi.

"Namun ini solusi sementara, Bumdes melakukan penggemukan sapi sebanyak 39 ekor. Dengan memanfaatkan lahan yang tersedia di sekitar sawit untuk menggemukkan sapi, "kata Kusnadi Rabu (24/5/23).

Kusnadi menyebut bahwa keberhasilan Desa Beringin Agung dalam ternak sapi sendiri sudah mendapat pengakuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim). Dan pada tahun 2017 lalu, Kelompok Peternak Sapi Beringin Agung mendapat penghargaan sebagai juara pertama untuk pemeliharaan sapi ekstensif yang di umbar.

"Untuk itu kami optimis untuk mempertahankan keberhasilan pengelolaan ternak sapi ini. Dan selanjutnya akan kami komunikasi dengan perusahaan yang beroperasi di Beringin Agung untuk kerjasama pengembangan peternakan sapi. Upaya ini tak lain untuk membantu meningkatkan kinerja dan pemasaran produk peternakan." jelasnya.

Ia menmabahkan BUMDes Desa Beringin Agung telah melakukan upaya yang baik dalam mengembangkan sektor peternakan sapi. Kemudian berpotensi untuk mengembangkan sektor lainnya seperti wisata buatan.

"Kami berharap langkah-langkah ini terus berhasil dan memberikan manfaat bagi masyarakat,"tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top