• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pesona wisata Batu Dinding

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Kutai Kartanegara memiliki banyak potensi pariwisata yang menarik di kunjungi. Salah satunya Wisata Alam Batu Dinding yang berada di Kelurahan Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja Barat yang menyajikan keindahan dan petualangan dari ketinggian 125 meter.

Destinasi wisata ini merupakan tebing batu, yang sangat cocok untuk dijadikan tempat melepas penat. Sebuah dinding karst dengan ketinggian sekitar 125meter serta membentang sejauh kurang lebih 150 meter.

Saat ini menjadi incaran destinasi terbaru para penjelajah alam. Walaupun belum terlalu terkenal, namun tebing bebatuan ini sangat cocok dan pas untuk dijadikan spot foto yang instagramable.

Dedi Suandi Sekertaris Pokdarwis Batu Dinding Kelurahan Bukit Merdeka mengungkapkan bahwa Wisata yang sudah berjalan dari tahun 2019 ini sebenarnya potensi alam tapi bentuknya petualangan. Disana posisinya lebih masuk didalam hutan dan jalanya cukup memacu adrenalin.

"Bagi yang mau kesana, tidak perlu kuatir, karena sudah ada tempat yang menjajakan kuliner ada yang namanya buah naga. Kalau lagi panen raya yang datang kesana bisa mampir ke ke kebun dan langsung makan buah disana."kata Dedi.

Ia menyebut akses jalan menuju tempat wisata adalah jalan kebun atau setapak, mobil bisa masuk tapi belum sampai ke posnya. Untuk masuk pengunjung cukup membayar biaya Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu kalau untuk anak-anak cukup Rp 5 ribu.

Sementara untuk pengunjung yang datang per bulan itu sekitar 50 sampai 100 pengunjung paling banyak hari sabtu dan minggu. Kebanyakan pengunjung yang datang mereka mengadakan kemping. Apalagi buat yang komunitas. Dan mereka bawa tenda sendiri,

"Untuk penambahan penunjang wisata, kami sedang mengusulkan ke Dinas Pariwisata untuk penunjangnya seperti tenda, lampu yang masih kurang. Mudahan wisata alam batu dinding ini semakin berkembang dan dikenal oleh masyarakat." pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top