• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Aji Ali Husni Kepala Dispora Kukar

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) terus berkomitmen mendorong masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja baru, tak terkecuali bagi para janda yang ada di Kukar.

Salah satunya dengan memberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berdaya saing dan mandiri.

Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni mengungkapkan pihaknya terus berupaya bagaimana masyarakat mendapatkan kehidupan yang layak. Dengan bekal ketrampilan yang dimiliki melalui program pelatihan baik itu pelatihan menjahit, MOA, dan pelatihan Tata Boga.

"Program ini membantu Disnakertrans Kukar sebenarnya, kami hanya membantu proses penyedia penghubung peserta kepada penyelenggara dan secara teknis sudah diatur oleh Disnakertrans."ucapnya.

Ia menyebut bahwa telah ada perusahaan yang siap mensuport tenaga narasumber. Perusahaan tersebut yakni dari ENI Muara Bakau juga sudah memberikan suport dari tenaga narasumber untuk pelatihan make up atau MOA.

"Harapan kami perusahaan lain tidak hanya perusahaan Migas tapi perusahaan tambang dan perkebunan juga bisa mencontoh kegiatan ini. Banyak kontribusi yang dilakukan buat masyarakat kita, tidak hanya menampung sebagai tenaga kerja tapi memberikan kesempatan peningkatan SDM sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru." jelasnya.

Ali mengatakan Dispora telah melakukan pendataan peserta pelatihan, ada sekitar 30 orang yang ada di Dispora untuk pelatihan Komunitas Para Janda (Kopaja), tapi ini ada juga teman-teman komunitas kopaja sendiri yang menambah data langsung kepada Disnakertrans.

"Harapan kita dengan adanya pelatihan ini akan meningkatkan perekonomian mereka. Kemudian warga yang saat ini single peren supaya percaya dirinya lebih tinggi, semangat mengangkat ekonomi keluarganya juga semakin tinggi dan tidak dipandang sebelah mata."tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top