• Jum'at, 01 Maret 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Puluhan pemuda Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti Pelatihan Teknis Kewirausahaan Pemuda (Pealtihan Barista) dan Sertifikasi oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kukar 2023. Barista adalah keterampilan meracik Kopi. Saat ini tumbuh berkembang kafe atau kedai sebagai sarana tempat berkumpul para milenial di Kukar. Selain sebagai penggerak ekonomi masyarakat, hadirnya kafe-kafe tersebut menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi kalangan muda yang ingin mengembangkan jiwa wirausahanya.

Hal inilah yang mendorong SKK Migas Kalsul – KKKS Eni Muara Bakau mewujudkan keinginan pemerintah daerah Kukar, agar hulu migas dapat memberdayakan para pemuda Kukar. Pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari ini dimentori oleh Barista yang sangat berpengalaman. Pelatihan Barista pemuda Kukar menghadirkan pelatih dari Lembaga Pelatihan Kerja Kompetensi Indonesia (LPKKI) yaitu Febri Nur Ahmad dan Yoris Sumartin.

Pada pembukaan pelatihan yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kukar, Kamis (11/5) hadir Bupati Kukar Edi Damansyah berserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terekait, Kepala SKK Migas Kalsul Azhari Idris dan Management Eni Muara Bakau B.V., Nina Soraya selaku Sustainability Manager.

Kepala SKK Migas Kalsul Azhari Idris menyampaikan agar peserta mengambil kesempatan baik ini untuk belajar dan menjadi lebih terampil. Saat ini banyak pemuda milenial ingin menjadi entrepreneur atau wirausahawan. Profesi sebagai Barista kini sudah bukan asing lagi, selain tren juga memberikan pendapatan yang lumayan tinggi.

"Barista yang handal akan memiliki nilai lebih, sehingga tak heran jika penghasilan mereka cukup menjanjikan dan banyak pemuda menekuni bidang ini," terang Azhari.

Ditambahkannya, dengan hadirnya Barista – Barista yang handal diharapkan kota Tenggarong memiliki kafe atau kedai kopi yang enak dengan Barista yang terampil. Sehingga banyak pihak atau masyarakat yang datang ke Tenggarong tidak mencari alternatif ke kota lain sekitarnya jika hanya ingin menikmati kopi.

Pelatihan Barista yang diinisiasi oleh KKKS Eni Muara Bakau ini sangat mendapat apresiasi dari Pemkab Kukar dan SKK Migas Kalsul. Hal ini menurut Bupati Kukar , yang hadir pada acara tersebut menunjukan komitmen hulu migas pada pemberdayaan masyarakat khususnya pemuda di Kukar.

"Apresiasi buat ENI yang sudah memfasilitasi pelatihan Barista ini. Semoga bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan bagi pemuda Kukar," pungkas Azhari.

Pada acara tersebut Edi Damansyah menegaskan pelatihan – pelatihan yang akan dilakukan oleh Pemkab Kukar kedepan harus berbasis pasar atau apa yg dibutuhkan masyarakat saat ini. Hal ini akan mendukung sumber daya masunsia Kukar siap kerja. Salah satunya adalah pelatihan Barista.

"Peserta yang ikut bisa menjadi agen perubahan, role model bagi lainnya. Barista bisa menjadi contoh pemuda lainnya untuk kreatif dan mendorong dunia usaha di Kukar," ajak Edi Damansyah.

Saat ini lanjut Edi, peserta yang telah dilatih bukan hanya mendapatkan aspek legalitas kompetensi sertifikasi namun keterampilan yang telah diberikan harus dimiliki dan diimplementasikan.

Selain itu Edi mengharapkan kerja kolaborasi dengan dunia usaha termasuk KKKS dan SKK Migas Kalsul kedepan harus tetap di lanjutkan.Pemkab Kukar tidak bisa bekerja sendirian. Dibutuhkan dukungan serta partisipasi luas dari masyarakat dan dunia usaha lainnya.

"Terimakasih untuk SKK Migas Kalsul dan Eni Muara Bakau, kedepan kita akan terus berkolaborasi mendukung program-program pembangunan di Kukar sebagai kota Idaman," tutup Edi. (One)

Pasang Iklan
Top