• Minggu, 01 Oktober 2023
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pulau Kumala

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) terus berupaya untuk membenahi destinasi wisata unggulan di Kukar yaitu Pulau Kumala. Dimana wisata yang terletak di tengah aliran Sungai Mahakam di Kota Tenggarong, masih menjadi pekerjaan rumah (PR) Dispar Kukar. Kedepan selain Pulau Kumala, juga ada Planetarium, Waduk Panji dan Jam Bentong.

Hal ini disampaikan Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo. Ia mengatakan pembenahan destinasi wisata yang menjadi kewenangan pemerintah ini terus dilakukan secara bertahap. Tahun ini Pemkab Kukar fokus untuk mengembangkan kembali Pulau Kumala.

Keberadaan Pulau Kumala sudah dua tahun tutup akibat pandemi Covid-19 dan buka kembali pada tahun 2022 lalu. Untuk membenahi Pulau Kumala menjadi misi Dispar Kukar kedepan.

"Adapun pembenahan ini berupa penataan parkir, juga rencana kita adalah membangun waterboom, memenuhi sarana prasarana (sapras), membenahi wahana didalamnya. Kemudian rencana untuk membangun jembatan bagi kendaraan," kata Slamet kepada KutaiRaya.com di ruang kerjanya, Selasa (9/5/23).

Dinas Pariwisata berkomitmen tinggi, ini dibuktikan dengan adanya perencanaan pembangunan waterboom dan jembatan kendaraan. Dirinya meyakini jika Pulau Kumala telah dilengkapi semua sapras dan fasilitas pendukungnya. Pastinya akan menghasilkan efek domino.

Seperti cottage yang kembali beroperasi, jalur transportasi lebih mudah dan kemungkinan beroperasinya Pulau Kumala di malam hari juga terlaksananya event di pulau di tengah Sungai Mahakam tersebut. Dengan adanya sapras dan fasilitas di Pulau Kumala, pengunjung wisata akan lebih membeludak.

"Kami optimis itu bisa terwujud Pulau Kumala jadi wisata unggulan dan menyumbang pendapatan daerah," tutup Slamet. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top