• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Event Sebulu Festival 2023 resmi dibuka oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Rendi Solihin bertempat di Lapangan Sutardi BA Sebulu Ilir pada Sabtu (6/5/23) malam.

Dengan hadirnya band Bagindas mempu menarik antusias ribuan masyarakat baik dari Sebulu dan sekitarnya. Acara pun berlangsung meriah, penonton yang memadati lapangan merasa terhibur dengan beberapa penampilan khususnya penampilan dari Bagindas.

Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin mengungkapkan festival ini sangat luar biasa, artinya antusias masyarakat datang kesini. Dimana memang tahun lalu Pemkab Kukar bersama Bapak Bupati, bahwa Sebulu Festival tahun 2023 akan lebih meriah.

"Dan tahun ini kami janjikan lagi tahun 2024 akan lebih meriah lagi. Multiflyer efek yang kami harapkan dari pertumbuhan ekonomi. Kita tahu, inflasi sejak covid-19 cukup tinggi khususnya di Kukar. Kami meyakini ini salah satu langkah menekan angka inflasi yang terjadi." ungkap Rendi.

Ia menyebutkan perputaran uang di Kecamatan Sebulu ketika event dilaksanakan dengan meriah dan besar pasti akan membawa banyak pengunjung. Ketika pengunjung datang ke Sebulu otomatis dia berbelanja untuk masyarakat sebulu, ketika begitu efek dari warung-warung sekitar termasuk stand expo akan berdampak positif.

"Dampak positif yang ditimbulkan yaitu perputaran ekonomi, seperti saya simulasi kan misalnya satu tenda tidak usah Rp 2 juta satu hari. Satu tenda Rp 1 juta aja satu malam dengan ribuan pengunjung yang datang itu satu malam bisa terjadi perputaran uang 40 juta. Artinya kalau dilaksanakan selama 10 hari hampir setengah miliar yang berputar di Kecamatan Sebulu." Sebutnya.

Lanjut Rendi, dan itu bukan angka kecil untuk pelaku UMKM. Perlu dicatat ini pelaku UMKM yang disasar, UMKM itu akan tumbuh berkembang seperti yang diperintahkan oleh Presiden Jokowi bahwa semua harus konsentrasi menumbuhkan UMKM di seluruh pelosok daerah.

Dengan UMKM tumbuh dengan adanya seperti ini. Umkm ini kan butuh tempat naungan untuk mempromosikan produknya dan ini salah satu tempat untuk mempromosikan. Yang paling tepat adalah kegiatan yang dilaksanakan secara masif yang mendatangkan banyak orang.

Rendi mengatakan target serupa sudah di agendakan oleh teman-teman Dimas Pariwisata Kukar bekerjasama dengan kawan-kawan Kekraf dan pastinya kekraf disetiap kecamatan ada kurang lebih 8 kecamatan yang akan mendapatkan acara serupa.

"Salah satunya dimulai dari Kecamatan Sebulu. Selanjutnya ada pesta laut pesisir, Kecamatan Loa Janan, Tenggarong Seberang, Kota Bangun, Muara Jawa dan beberapa lainnya. Yang jelas sudah dipetakan dengan baik wilayah yang memang banyak pelaku seni budayanya, banyak musisi butuh panggung sebenarnya untuk berekspresi."ungkapnya.

Sementara Camat Sebulu Edi Fachruddin menyebutkan pada festival ini ada disediakan 40 tenda, yang melibatkan 14 desa dan pelaku UMKM di Sebulu maupun dari luar. Pameran UMKM dari tanggal 7 Mei sampai 13 Mei. Dilanjut lagi 14 Mei gowes, zumba sehat dan trail bersama di Manunggal Daya.

"Malam ini ada 5 ribu lebih pengunjung. Alhamdulillah disupport Polres, Linmas, Ormas dan Pramuka terlibat mengamankan. Melihat antusias dan kesuksesan acara ini dari tahun sebelumnya, harapan kami mudah-mudahan apa yang menjadi Program Dedikasi Kukar Kaya Festival bisa berlanjut hingga tahun depan dengan multiplier effectnya."pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top