• Jum'at, 23 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Guna meningkatkan prestasi atlet, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara (Kukar) tahun 2023 ini memfasilitasi 12 Cabang Olahraga (Cabor) untuk masuk ke Pemusatan Pembinaan Pelatihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD).

Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni, melalui Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Aji Muhammad Ari Junaidi mengatakan tahun ini ada 12 cabang olahraga yang terdiri dari 48 atlet dan 12 pelatih untuk difasilitasi untuk meningkatkan prestasi.

Upaya ini menyesuaikan dengan program pemerintah pusat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Dimana masing-masing daerah memilih cabor mana yang bisa berpotensi atlet yang berprestasi di masing-masing cabor nya. Dan diselaraskan dengan program pemerintah pusat dengan PPLPD.

"Adapun 12 cabor tersebut yakni Cabor Atletik, Panahan, Renang, Dayung, Karate, Pencak Silat, Senam, Taekwondo, Judo, Gulat, Tinju, Panjat Tebing. Untuk atlet dari hasil rekomendasi dari cabor masing-masing. Dan atlet itu untuk masuk ke Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP)." kata Ari Junaidi Kamis (4/5/23).

Ia menyebut untuk masuk ke PPLP tidak serta merta langsung masuk tapi harus ada prestasi minimal Tingkat Kabupaten atau Provinsi misalkan Popda atau Kejurkab. Karena selain mereka ada kewajiban untuk latihan dan berprestasi, mereka juga punya hak di Dispora ada pendanaan dari Dispora termasuk uang transportasi mereka latihan, suplemen selama satu tahun dan honorarium pelatih.

Sementara Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPLPD) Dispora Kukar Yudi Rahman, menambahkan bahwa Dispora Kukar juga memfasilitasi untuk Kejurnas, karena tahun ini dari 8 Kejurnas Kabupaten Kukar mengikuti 6 PPLP Nasional.

"Untuk Kejurnas PPLP nanti ada Cabor Atletik, Dayung, Karate, Panahan, Pencak Silat dan Taekwondo. Sementara yang tidak kita ikuti Angkat Besi dan Sepak Bola. Yang difasilitasi ini diupayakan memberikan kontribusi lebih nantinya, ukurannya pasti mendali,"ujarnya.

Kemudian untuk pelaksanaanya kalau Atletik di Jawa Barat, Dayung di Riau, Karate NTT, Panahan di Kaltara, Pencak Silat Sulawesi tengah, dan Taekwondo Maluku.

"Kami berharap bahwa prestasi yang dihasilkan dan anggaran yang sudah di gelontorkan dengan meraih mendali bisa meningkat dari tahun ke tahun." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top