• Jum'at, 14 Juni 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Aggota DPRD Kaltim dari Dapil Kukar Salehuddin, S.Sos, S.Fil, M.AP saat menggelar Penyebarluasan Peraturan Daerah)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Berdasarkan Surat Edaran Kemenaker RI bahwa Peringatan May Day tahun ini mengusung tema: "Merajut Kebersamaan Di Hari Yang Fitri". Ini disebabkan peringatan Hari Buruh Sedunia yang jatuh tanggal 1 Mei 2023 bertepatan dengan satu minggu selepas perayaan Idul Fitri 1444 H/2023 M.

Mengambil inisiatif yang baik dalam peringatan May Day tahun ini, Pemkab Kukar mengajak seluruh elementasi serikat pekerja/buruh agar peringatan May Day pada tahun ini dibuat lebih konstruktif dengan nilai-nilai humanis, yaitu diisi dengan acara Aksi Bhakti Sosial Para Buruh, seperti Aksi Donor Darah Buruh, Aksi Buruh Peduli Rumah Ibadah, dan Aksi Para Buruh Membedah Rumah. Dengan adanya Aksi Bhakti Sosial Buruh ini kita ingin membuktikan bahwa para buruh dengan semangat kebersamaan dan gotong royong dapat melaksanakan Peringatan May Day dengan santun, konstruktif, dan berdampak luas kemanfaatannya bagi masyarakat.

Menanggapi kegiatan tersebut, anggota DPRD Kaltim dari Dapil Kukar Salehuddin, S.Sos, S.Fil, M.AP sangat mengapresiasi.

Menurut politisi Golkar ini, kegiatan tersebut sangat bagus dibanding tahun-tahun sebelumnya, justru di hari Buruh Internasional ini apa yang dilaksanakan oleh kawan-kawan buruh dan serikat pekerja yang ada di Kukar cukup berbeda. Karena ini juga sifatnya Nasional kegiatan ini lebih simpatik dengan kegiatan bakti sosial, yang menurut dirinya kegiatan ini cukup menarik dan ini justru meningkatkan simpatik masyarakat termasuk pemerintah daerah.

"Dan kawan-kawan buruh serta serikat pekerja dalam kegiatan ini memberikan kontribusi yang biasanya ada yang melakukan unjuk rasa, walaupun unjuk rasa boleh dilakukan tapi paling tidak dengan adanya kegiatan baksos ini justru menimbulkan simpatik kalangan masyarakat, dan semoga kegiatan ini juga bisa dilaksanakan setiap tahun. Dan kegiatan ini sangat bagus, tanpa mengurangi semangat teman-teman untuk terus berjuang bagaimana untuk penghidupan dan kondisi sosial ekonomi teman-teman buruh itu bisa lebih baik lagi kedepannya, " terang Saleh sapaan akrabnya.

Mantan Ketua DPRD Kukar periode sebelumnya ini berharap, Pemkab Kukar bisa merespon ini dengan membuat kebijakan-kebijakan yang mengarah pada perlindungan buruh kita yang lebih baik lagi, kemudian juga bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan perusahaan.

"Kita juga berharap agar terjalin sinergi antara Forkopimda, para pimpinan perusahaan, para pengurus serikat buruh dan para buruh yang tergabung dalam serikat pekerja di Kabupaten Kukar, " harapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan bhakti sosial, yang akan diawali dengan apel gabungan Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Serikat Pekerja dan buruh, di halaman Kantor Bupati Kukar, Senin (01/05/2023).

Sedangkan kegiatan bakti sosial yakni, donor darah dengan tema "Para Buruh Peduli Kemanusiaan" yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Kukar, kemudian bakti sosial Rumah Ibadah dengan tema "Para Buruh Peduli Rumah Ibadah" yang dilaksanakan di Masjid Al Amin Kelurahan Timbau, dan bakti sosial Bedah Rumah dengan tema "Para Buruh Membedah Rumah" yang dilaksanakan di Jalan Rangga Yuda Gang Bidara RT 12 Kelurahan Mangkurawang Tenggarong. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top