• Selasa, 27 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





SAMARINDA (KutaiRaya.com) - Setiap musim libur lebaran biasa dijadikan momen untuk bersilaturahmi dengan orang tua dan sanak saudara ke kampung halaman.

Perjalanan mudik dan arus balik menggunakan sepeda motor dapat memakan waktu panjang. Hal tersebut membuat pengendara dan mesin motor harus bekerja ekstra keras. Bagi masyarakat yang akan menggunakan motor saat arus balik.

Lucky Roberto selaku Technical Service Manager Astra Motor Kaltim 2 mengatakan sepeda motor yang akan digunakan untuk perjalanan jarak jauh, wajib di cek kondisi komponen sepeda motornya agar dalam keadaan baik.

"Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan jarak jauh saat momen libur lebaran, jangan lupa untuk tetap melakukan pengecekan terhadap komponen sepeda motor masing-masing agar tetap aman," ungkapnya.

Lebih lanjut, Lucky Roberto memaparkan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor, diantaranya :

1. Sistem Pengereman
Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada sistem pengereman untuk memastikan seluruh bagian ini masih dalam kondisi normal dan berfungsi dengan baik.

2. Sistem Penerangan
Periksa semua kondisi lampu, baik lampu depan, lampu belakang, lampu rem dan juga lampu sein. Pastikan lampu dan saklarnya berfungsi dan dalam kondisi baik.

3.Rantai / CVT
Jika motor tipe bebek atau sport, maka periksa kondisi rantai dan gearnya, apakah ada tanda keausan seperti rantai tidak kencang, tak bergerak dengan lancar atau link - link rantai sudah banyak yang longgar serta mata gir terlihat mulai meruncing.

Jika tanda tersebut terlihat, maka gantilah gir dan rantai dengan yang baru agar performa motor lebih baik dan sepeda motor siap diajak melakukan perjalanan jauh.

Sedangkan untuk motor skutik, maka lakukan pemeriksaan kondisi CVTnya. Seperti komponen pulley, roller serta drive beltnya.

4. Suspensi
Lakukan pemeriksaan suspensi dari kebocoran agar suspensi dalam kondisi normal dan berfungsi dengan baik.

5. Ban
Pastikan ban depan dan belakang masih dalam kondisi baik. Periksa dan pastikan kembangan ban masih tebal dan tidak ditemukan retakan pada dinding ban serta pastikan tekanan angin sudah sesuai anjuran. Pemeriksaan Roda terhadap kelancaran berputar, keolengan untuk memastikan bearing roda aman.

6. Sistem Injeksi
Untuk mengetahui kondisi sistem injeksi bekerja dengan baik, bisa dilihat dari lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL) di bagian panel meter. Jika indikator MIL menyala atau berkedip, segera bawa sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan perbaikan.

7. Busi
Periksa dan pastikan bagian elektroda busi masih dalam kondisi baik agar proses pembakaran di dalam ruang bakar tetap sempurna. 

8. Oli
Karena akan melakukan perjalanan jauh, gantilah oli mesin sesuai dengan spesifikasinya agar komponen mesin dapat bekerja dengan sempurna.

9. Filter Udara
Lakukan pemeriksaan dan pembersihan pada bagian filter udara. Jika filter masih dalam kondisi bagus, maka cukup lakukan pembersihan. Tapi jika kondisi filter sudah jelek, kotor dan rapuh, ada baiknya lakukan penggantian.

10. Aki / Battery
Pastikan aki atau battery dalam keadaan baik serta pastikan juga tegangan aki sesuai dengan standar pabrikan. (One)

Pasang Iklan
Top