• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Desa Benua Puhun H Ardinansyah


TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Desa Benua Puhun, Kecamatan Muara Kaman memiliki beberapa potensi, salah satunya potensi di sektor pertanian. Saat ini pemerintah desa tengah mencanangkan percetakan sawah, yang diharapkan jadi lumbung pangan.

Kepala Desa Benua Puhun H Ardinansyah mengatakan saat ini Desa Benua Puhun tengah mencanangkan percetakan sawah, saat ini sudah tahapan pembuatan alur parit dan sebagainya hingga membuat drainase agar bisa membuat air yang terendap bisa turun ke sungai.

"Dan lokasi yang kami rencanakan tadi bisa di tanam padi. Kami berharap kedepan lumbung bisa dapat lumbung pangan jika sudah bisa kita tanam padinya. Perencanaan kami lahan 100 hektare, yang sudah kami buat aliran parit untuk pembuangan air, semoga cuaca juga mendukung."kata H Ardinansyah Selasa (18/4/23).

Karena Desa Benua Puhun letaknya di pesisir Mahakam, rentan sekali kalo sudah banjir airnya cepat naik. Untuk itu pembuatan parit alur air dan sebagainya sangat dibutuhkan, mudah-mudahan itu bisa terealisasi.

Ia menyebut di Desa Benua Puhun itu, sebelumnya perorangan saja yang melakukan penanaman padi, jadi kalo ada lahan agak kering tidak terendam air disitu yang ditanami padi. Jadi pihak desa melanjutkan apa yang menjadi cita-cita dan angan-angan masyarakat bahwa di Desa Benua Puhun bisa menciptakan lumbung padi.

"Saat ini kita lagi ciptakan kelompok tani untuk menggarap lahan sawah, sementara ini petani yang aktif baru 10-15 orang. Tapi kita akan buat percetakan sawah ini dan akan kami bagikan ke seluruh KK disana, jadi semua warga harus tanam padi."ungkapnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top