• Senin, 26 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Salah satu usaha BUMDes Rukun Sejahtera Desa Segihan)


KUKAR (KutaiRaya.com) - Pembangunan Desa menjadi prioritas pemerintah dewasa ini. Berbagai program pembangunan dan pemberdayaan diarahkan ke Desa, dengan tujuan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa semakin meningkat.

Desa memiliki banyak potensi yang jika dikelola dengan maksimal dapat memberdayakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat desa. Oleh karena itu dibutuhkan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai lembaga yang secara profesional mengatur dan mengelola potensi desa.

Salah satunya di Desa Segihan Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara, yang telah memiliki BUMDes yang sudah berjalan sejak 2017 lalu, bernama BUMDes Rukun Sejahtera. Sesuai namanya, BUMDes ini diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat Desa Segihan.

"BUMDes kami sudah berjalan sejak tahun 2017 namanya BUMDes Rukun Sejahtera bergerak dibidang pertanian dan jasa. Dibidang pertanian kita menyediakan Saprodi, kalau bidang jasa kita menyediakan angkutan batu bara, dimana ada tambang batu bara yang perlu angkutan kita siap, dan kita memiliki 22 armada truk dan juga jasa pencucian. Pastinya masyarakat Desa kami libatkan untuk Bumdes ini, " ujar Kepala Desa Segihan Hendra Wahyudi.

Menurutnya, keberadaan BUMDes dinilai memiliki peran penting dalam mengukur arus roda perekonomian. Majunya BUMDes ini dinilai akan berdampak signifikan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat setempat khususnya.

"Potensi desa harus menjadi penggerak ekonomi masyarakat. Disitulah dibutuhkan BUMDes yang nantinya akan menjadi lokomotif bagi berkembangnya ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa,” imbuhnya.

Yudi sapaan akrab Kades Segihan ini menambahkan, peran BUMDes sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat. Pengembangan BUMDes sejatinya merupakan penguatan terhadap ekonomi Desa, dengan memanfaatkan ragam jenis potensi di setiap Desa, agar bermanfaat untuk meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi Desa.

"Salah satu tujuan pendirian BUMDes adalah meningkatkan perekonomian Desa, mengoptimalkan aset Desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan Desa, serta meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi Desa," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top