• Selasa, 27 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Wisata Pesona Perjiwa yang terletak di Desa Perjiwa, Tenggarong Seberang menawarkan keindahan alam dan 4 spot air terjun yang siap memanjakan wisatawan. Bagaimana tidak wisata yang tersembunyi dibalik perbukitan ini masih sangat terjaga keasriannya, sehingga cocok untuk dikunjungi dengan keluarga.

Untuk wisata ini lokasinya tidak jauh dari Kota Tenggarong hanya menempuh jarak 5 kilometer. Bagi masyarakat yang ingin datang akan melalui jalan aspal dari Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang dengan waktu tempuh 10 menit hingga sampai wisata pesona perjiwa.

Setelah sampai, pengunjung yang akan masuk tempat wisata ini cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Dengan harga tiket yang murah tersebut, pengunjung sudah bisa menikmati pemandian alam dan fasilitas yang ada didalamnya.

Kemudian untuk dapat sampai di air terjun pengunjung harus melewati tangga sambil menikmati kesejukan udara alam. Sesampainya di air terjun gemercik air yang jernih bakal menyambut para pengunjung.

Tempat wisata dengan luas 10 hektar ini terdapat 4 air terjun. Spot pertama pengunjung bisa berenang bersama keluarga maupun teman. Di spot kedua ada disediakan perahu bagi pengunjung dapat menyisir lintasan air dengan mengayuh perahu. Kemudian untuk di spot ketiga dan keempat ada bebatuan yang cocok untuk spot foto.

Wisata ini juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap yaitu ada gazebo, toilet, homestay dan fasilitas ini disediakan secara geratis bagi pengunjung

"Biaya masuk ke sini cukup membayar Rp 15.000 per orang, untuk anak-anak dibawah 12 tahun geratis, kalau untuk pengunjung yang mau camping bisa dengan bayar Rp 20.000 per orang. Untu fasilitas yang ada di dalamnya free semua seperti homestay." kata Pemilik Wisata Pesona Perjiwa, Efendi, Selasa (24/1/2023).

Efendi mengatakan bahwa sejarah awal air terjun ini bisa dibuat destinasi wisata sebenarnya tempat ini merupakan ladang milik orang tua. Jadi memang ladang orang tua dan dimanfaatkan untuk hiburan masyarakat setempat.

"Seiring berjalannya waktu wisata ini banyak dikunjungi warga setempat, akhirnya kita lihat ditempat lain bisa mengelola tempat wisata dan bisa berkembang serta dapat masukan dari masyarakat. Sehingga kami dijadikan tempat ini sebagai objek wisata." ujarnya.

Ia menyebut untuk jumlah pengunjung yang datang ke wisata pesona perjiwa ini per hari libur bisa mencapai 100-200 pengunjung. Mereka berasal dari warga setempat seperti Tenggarong, ada juga dari Samarinda, Bontang, dan Balikpapan.

"Harapannya wisata yang mulai kita kembangkan tahun 2021 agar ada bantuan dari pemerintah untuk membangunkan jalan akses masuk ke wisata pesona air terjun perjiwa. Kerena wisata ini potensinya sangat bagus untuk dikembangkan." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top