• Jum'at, 14 Juni 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Wonderful Kukar Festival 2022 yang telah berlangsung di lapangan parkir Gedung Putri Karang Melenu, Tenggarong Seberang pada 14-15 Desember 2022, dengan menghadirkan dua artis ibu kota RAN dan Febby Putri sukses digelar.

Dengan suksesnya digelar event tersebut, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin berharap, kedepan event-event lainnya di Kukar bisa lancar dan dapat terus berjalan.

"Karena dalam kegiatan ini kita ingin memantik perkembangan seni budaya dan UMKM di Kukar, jadi kami perlu membuat sesuatu yang luar biasa. Sehingga kami juga berharap pada 2023 pandemi sudah berakhir, tidak ada peningkatan kasus, hingga acara-acara seperti ini bisa mendapat respon positif dari teman-teman pengamanan, dan dapat digelar, " ungkap Wabup Kukar Rendi Solihin usai membuka event tersebut, Rabu (14/12/2022) malam.

Rendi mengaku, dirinya juga berterimakasih kepada pihak terkait karena kegiatan ini diiizinkan dan dapat berlangsung.

"Seperti Kukarland kemarin ditunda karena masalah keamanan dan lainnya. Kita tau ada beberapa kejadian besar di zeluruh Indonesia terhadap sistem.keamanan yang harus diperhatikan lagi berdampak di kita juga. Insya Allah Kukarland tahun depan kita akan laksanakan, " ujarnya.

Ia juga memastikan, bukan hanya satu event yang kita laksanalan tahun depan. Karena sudah disahkan DPRD ada banyak event dengan Dispar, Dispora dan Disdikbud tahun depan. Termasuk TIFAF dan Erau, tahun depan anggarannya tiga kali lipat jadi jauh lebih besar.

"Dengan ekspektasi anggaran lebih diharapkan bisa menggaet wisatawan dari luar Kaltim. Begitupun dengan event seni budaya pertunjukan juga sudah kita anggarkan seperti Kukar Rock in Fest. Memang event ini masih berbekas dan masuk MURI, tentunya harus kita pertahankan. Saya sudah liat di beberapa daerah mulai menggaungkan Kukar Rock in Fest. Tahun depan sudah kami masukkan anggaran dan Insya Allah akan kita laksanakan tidak kalah dengan sebelumnya. Kukarland juga akan dilarikan setelah lebaran, " terangnya.

Sementara itu, Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadiraharjo menjelaskan, event Wonderful Kukar Festival ini sejalan dengan Program Pemerintah Daerah, yakni Kukar Kaya Festival dan Kukar Kreatif Idaman.

"Di situ kita gabung dengan UKM dan festival. Di samping memberikan hiburan, ada multiplayer efek karena semuanya terjalin di sektor UMKM," ucapnya.

Terpisah, Event Manager Wonderful Kukar Festival, Akbar Haka menambahkan, bahwa pada event ini pengunjung yang hadir seribu lebih dan terbanyak dari kaum Milenial, bukan hanya dari Kukar saja, tetapi yang hadir juga dari luar Kukar.

"Pada event ini kami juga melibatkan para pelaku UMKM, dan tentunya memberikan efek perekonomian masyarakat, " pungkasnya. (One)

Pasang Iklan
Top