• Rabu, 24 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Guna menjalin silaturahmi dan memperkuat sinergi dengan Insan Pers, Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara menyelenggarakan Media Gathering Tahun 2022, Minggu (11/12/2022).

Media Gathering tersebut diikuti sekitar 15 jurnalis lokal dan ASN Diskominfo Kukar. Narasumber kegiatan tersebut adalah Ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masata) sekaligus Ketua Kelompok Informasi Masyarakat(KIM) Kabupaten Kukar Ahmad yang biasa disebut Daeng Lompo.

Dalam kegiatan tersebut, Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) pada Diskominfo Kukar mengajak para awak media menuju Desa Sanggulan Kecamatan Sebulu Kukar, untuk menggali potensi wisata, salah satunya Goa Kelelawar di Desa Sanggulan.

Untuk menuju Desa tersebut, kali ini dilakukan berbeda, yakni dengan menyusuri sungai Mahakam dari Tenggarong menuju Desa Sanggulan menggunakan kapal wisata Queen Orca Houseboat.

Kepala Bidang PKP Ahmad Rianto menjelaskan, bahwa Indonesia sudah memasuki tatanan masyarakat yang informatif dimana semua orang berusaha mengakses informasi secepat, sebanyak dan seakurat mungkin. Dan peran media menjadi sangat penting dalam penyampaian informasi dan mengedukasi masyarakat, serta dalam peran kontrol sosial melalui pemberitaan.

"Peranan media semakin signifikan sebagai penyeimbang dalam demokrasi. Media jug merupakan filter terhadap isu yang ada di masyarakat, juga bisa berperan untuk menggiring isu yang akan dibahas. Untuk itu Pemkab Kukar selalu bersinergi dengan media untuk mengomunikasikan pesan dari Pemkab Kukar, " tuturnya.

Arian sapaan akrabnya mengatakan, kegiatan media gathering kali ini merupakan tahun kedua yang sudah dilaksanakan Diskominfo Kukar. Diharapkan kegiatan media gathering ini bisa dilaksanakan setiap tahun dan media dapat berperan optimal terutama dalam mengangkat potensi objek wisata yang ada di Kabupaten Kukar.

"Kami berterima kasih atas kehadiran awak media yang sudah hadir, ini bagian kemitraan kita. Media gathering ini juga ajang silaturahmi kita. Ada objek wisata Goa Kelelawar yang ada di Desa Sanggulan di Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kukar. Diharapkannya informasi obyek wisata tersebut bisa tersampaikan ke masyarakat luas, " ungkapnya.

Terpisah, Ketua KIM Desa Sanggulan Romi Setiawan juga mengharapkan, dengan adanya kunjungan awak media di Desa Sanggulan ini, dapat memperkenalkan objek wisata Goa Kelelawar pada masyarakat, yang tujuannya agar dapat meningkatkan jumlah kunjungan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Sanggulan.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masata) sekaligus Ketua Kelompok Informasi Masyarakat(KIM) Kabupaten Kukar Ahmad mengaku, dalam kunjungan Media Gathering ke objek wisata Goa Kelelawar Desa Sanggulan ini yang pertama kita kelola disini terlebih dahulu yakni pendampingan SDM khususnya masyarakat lokal.

"Seindah apapun alamanya kalau SDM nya tidak bisa mengelola dengan baik maka tidak jadi apa-apa, yang ada hanya perselisihan-perselisihan sehingga tidak bisa menghasilkan uang. Karena jika mengelola suatu destinasi wisata maka itu akan membuat lapangan pekerjaan. Kalau ini sudah di kunjungi orang maka tingkat tensi dan perselisihan itu sangat-sangat tinggi karena ada uangnya, " paparnya.

Ia menambahkan untuk potensi di Desa Sanggulan ini sebenarnya sangar luar biasa, dirinya juga titipkan kepada Ketua KIM Desa Sanggulan agar wisata ini perlu dikelola dengan baik, komunikasi yang baik dan kolaborasi yang intens dengan pemerintah desa agar bisa ditata.

"Saya lewat sudah melihat sawah, itu sudah satu potensi, kedua lihat tebing kemudian Goa dan gunung. Desa Sanggulan ini tidak cukup dalam satu hari untuk dikelilingi. Berarti butuh kuliner, ekonomi kreatif dan homestay sehingga lapangan pekerjaan terbuka secara perlahan-lahan, dan disini sudah ada potensinya, tetapi jangan mikir uangnya dulu tapi bekerja dulu. Sedangkan uang itu nomor 7. Kemauan dan kebersamaan harus dibangun sehingga bisa dikelola dengan baik, " jelasnya.

Untuk fasilitas lanjut Daeng Lompo sangat wajib, terutama akses jalan menuju objek wisata ini perlu diperbaiki, sehingga ketika dilewati wisatawan yang masuk tidak ketakutan.

"Kalau saya dibutuhkan, kapan saja saya siap hadir untuk memberikan konsep buat kawan-kawan. Saya waqafkan diri saya, Insya Allah Kukar agar pertumbuhan ekonomi di sektor Pariwisata bisa merata di Kukar dan betul-betul Kukar punya potensi alam yang dikelola dengan baik dan bisa menjadikan daya tarik untuk para wisatawan dari luar daerah," pungkasnya. (One)

Pasang Iklan
Top