• Rabu, 24 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Ketua Ormas Laskar Merah Putih Kukar Muhammad Benny)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim otomatis akan meningkatkan kualitas SDM masyarakat lokal sehingga dapat bersaing dengan tenaga kerja dari luar.

Hal ini diungkapkan Ketua Ormas Laskar Merah Putih Kabupaten Kukar, Muhammad Benny, di Sekretariat Ormas Laskar Merah Putih Kukar, Selasa (6/12/2022).

"Peningkatan kualitas SDM lokal Kaltim untuk berpartisipasi dan bersaing aktif dalam geliat roda pemerintahan, ekonomi kreatif dan sosial budaya. Tentunya juga tidak kalah pentingnya, pembangunan IKN ini diharapkan dapat melibatkan pengusaha lokal maupun tenaga kerja lokal di Kaltim, " ujarnya.

Benny mengatakan, disisi lain dampak positif IKN ini adalah pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kaltim yang bakal meningkat, termasuk Provinsi lain di Kalimantan ikut teruntungkan.

"Alasan utamanya karena IKN menjadi magnet munculnya pasar ekonomi baru dan tumbuhnya pusat-pusat bisnis di wilayah Kaltim, " ungkapnya.

Ia juga mengaku, kepindahan dan percepatan pembangunan IKN juga berdampak positif untuk meningkatkan pemerataan pembangunan dan perekonomian di daerah, yang mana selama ini kita ketahui pembangunan di Indonesia oleh pemerintah pusat, selalu terpusat di pulau Jawa atau Jawa Sentris.

"Kita mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan pemerintah Jokowi terkait kesiapan pembangunan IKN, salah satunya dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat lokal untuk dilibatkan nantinya dalam pelaksanaan pembangunan IKN. Saya sebagai putra asli Kaltim mengucapkan terimakasih kepada presiden Jokowi yang sudah memilih dan menetapkan kaltim sebagai IKN Nusantara menggantikan DKI Jakarta, " terangnya.

Ia menambahkan, terlepas adanya pro dan kontra terkait kepindahan IKN, namun sebaiknya masyarakat Kaltim agar terus mendorong, suport, kawal dan dukung proses pembangunan IKN.

"Sehingga pembangunan IKN dapat berjalan lancar, terwujud dan segera dapat difungsikan dalam perayaan HUT RI pada tahun 2024, " pungkasnya. (One)

Pasang Iklan
Top