• Jum'at, 14 Juni 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pembangunan dermaga

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) terus berupaya mendukung pengembangan wisata yang ada di Kukar, salah satunya membangun Dermaga di Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun.

Diketahui pada saat Kunjungan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, dermaga yang digunakan meminjam dermaga Desa Sangkuliman. Mengetahui hal tersebut, Bupati Kukar Edi Damansyah meminta Dinas Perhubungan memprogramkan pembangunan Dermaga wisata untuk Desa Pela.

"Allhamdulillah, pada Minggu 04 Desember 2022, Dermaga tersebut sudah berada di Desa Pela langsung di terima oleh Kepala Desa Pela Supyan Noor. Terima kasih Bapak Bupati dan Wakil Bupati yang telah mengapresiasi kinerja Desa dengan membuat program yg dibutuhkan oleh Desa." ujar Kepala Dishub Kukar Ahmad Junaidi, Senin (5/12/22).

Junaidi mengatakan jadi dermaga ini asetnya Dishub, memang arahan Bupati bahwa aset yang ada di desa itu di serahkan ke desa. Tetapi ini karena masih baru tentu masih menjadi aset Pemda, sementara operasional kawan-kawan di desa yang membantu. Kalau perawatan atau kerusakan masih tanggung jawab Dishub Kukar.

Lanjutnya, saat ini proses rehab lantainya di cat, kemudian tempat naungan sama pengecatannya itu yang direhabilitasi. Namun dalam pembangunan dermaga ini masih perlu tambahan Ramp Door, kemudian pilar untuk sandarnya juga belum ada jadi masih ada perlu tambahan termasuk ornamen yang ciri khas Kukar. Kalau memang memungkinkan akan ditambah anggaran untuk itu, setelah semua di bangun itu akan diserahkan ke desa.

"Pembangunan, perencanaan dan pengawasan dermaga dengan anggaran sekitar Rp 140 juta termasuk, biaya tarik ke Desa Pela. Ini salah satu perhatian Bupati ini terhadap desa, bukan hanya desa yang berprestasi tetapi kebutuhan masyarakat desa itu perhatian Bupati sangat besar. Apalagi kepada desa yang motivasi sangat tinggi dalam pengembangan kemajuan desa termasuk Desa Pela yang sudah berprestasi secara nasional." ujarnya.

Jadi sangat wajar mendapatkan apresiasi dalam bentuk salah satunya dengan memenuhi fasilitas seperti dermaga dan memang dermaga ini menjadi salah satu fasilitas yang ada di desa untuk menunjang baik itu wisata atau aktivitas masyarakat.

"Kami berharap dermaga ini optimal dimanfaatkan dan menambah semangat Desa Pela khususnya dengan apresiasi dan juga harapannya untuk menginspirasi atas kinerja Desa Pela." ungkapnya.

Sementara Kepala Desa Pela Supyan Noor mengatakan kemarin itu baru serah terima, bahwa dermaga itu sudah sampai di Pela. Belum serah terima secara full, karena janjinya hari Rabu baru di lanjutkan pekerjaannya.

"Kami sendiri sangat-sangat berterima kasih dan sangat mengapresiasi terutama pemerintah dalam hal ini Bupati Kukar Edi Damansyah yang begitu peduli akan kebutuhan kami sebagai desa wisata, dan ini sangat bermanfaat. Artinya sesuatu yang sudah lama kita inginkan dengan adanya dermaga ini sangat membantu untuk desa pela kedepannya terutama menyangkut pariwisata ini." kata Supyan.

Ia mengungkapkan dengan adanya dermaga ini akan meningkatkan sarana dan prasarana di pela dan meningkatkan kunjungan wisatawan, serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Harapan kita mungkin ada lagi ada dermaga tambahan selain daripada ini, karena ditempat objek wisata kita juga memiliki pelabuhan. Selain itu jalan desa, karena masih ada 700 meter lagi yang belum terbangunkan, kemudian nanti ada tempat objek yang kita harapkan ada kolaborasi dari Pemda." Pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top