• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sukses digelar. Kegiatan berlangsung di Aula Radio Pemerintah Kabupaten (RPK) Kukar, Senin (5/12/22).

Konferensi dilaksanakan dalam rangka memilih ketua PWI baru setelah kepemimpinan ketua sebelumnya, Desman Minang Endianto periode 2019-2022. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar Dafip Harianto, dan turut dihadiri Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Kaltim, Felanans Mustari, Sekretaris PWI Kaltim Wiwid Marhaendra Wijaya, Jajaran Pengurus PWI Kukar.

Kadiskominfo Dafip Harianto berharap kepada ketua yang terpilih bisa mendukung kawan-kawan wartawan termasuk organisasi kewartawanan yang lainnya, mengembangkan profesi kewartawanan, mampu bekerjasama dan mampu mengkoordinasikan semua pihak termasuk pemerintah daerah dan bersinergi dengan yang ada di Pemkab Kukar.

Kemudian nanti, dari hasil konferensi ini bisa tetap memelihara marwah wartawan, dalam artian juga menjaga kekompakan dan kesatuan.Dan kepengurusan yang terbentuk bisa melanjutkan program-program, serta bisa menggerakkan unsur elemen dari kepengurusan yang ada. Jadi tidak hanya bergantung pada sisi ketua, tapi di organisasi itu ada bidang-bidang di PWI terutama terkait dengan pemberitaan.

"Selanjutnya dari kepengurusan ini bisa meningkatkan kualitas wartawan baik menulis maupun memahami kode etik profesi. Kita berharap dengan keberadaan PWI ini bisa meningkatkan kualitas dari keprofesian wartawan sehingga semakin berkualitas" ungkap Dafip.

Ketua PWI Kaltim, Endro S. Effendi yang diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi, Felanan Mustari mengatakan Ketua PWI Kaltim hadir sebagai peninjau dan mastikan bahwa kenfresi PWI di Kukar berjalan sesuai dengan aturan-aturan organisasi yang telah ditetapkan oleh PWI Pusat.

PWI merupakan organisasi profesi sebagaimana banyak profesi-profesi lain yang memiliki organisasi, tentu saja keutamaan dari organisasi adalah mengenai pekerjaan dan individu masing-masing untuk menghindari kepentingan perusahaan, media dan lainnya. Yang paling penting dalam organisasi itu adalah kekompakan. Tentu saja konferensi kali ini berbeda dengan konfrensi ormas atau partai politik dan lainnya.

"Ketua memesan bahwa kita memilih pemimpin ketua dari PWI Kukar membawa kita untuk menjaga teman-teman karena profesi kita cukup riskan sebagai seorang jurnalis. Jadi minimal bisa membersatukan semua teman-teman jurnalis. Jangan sampai tujuan kita untuk menjaga kekompakan dan pemersatu malah mempercerai berai."ujarnya.

Diketahui dalam konfercab PWI Kukar tahun 2022 ini ada dua calon ketua terpilih, yakni Andi Wibowo dan Bambang Irawan. Dan dalam pemilihan tersebut Bambang Irawan berhasil menjadi ketua PWI Kukar untuk periode 2022-2025 mendatang dengan hasil voting suara.

Sementara Ketua PWI Kukar terpilih Bambang Irawan menyampaikan akan berupaya meningkatkan kesejahteraan dan kompetensi sumber daya wartawan melalui pelatihan UKW untuk memberi kemampuan dalam memahami profesinya mulai dari sisi ketrampilan, pengetahuan, maupun wawasan. (*dri)

Pasang Iklan
Top