• Rabu, 17 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Dr Ida Bagus Made Agung Dwijateyana)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Direktur Program Pasca Sarjana/Magister Administrasi Publik Unikarta Tenggarong Dr Ida Bagus Made Agung Dwijateyana mengatakan, ditetapkannya IKN Nusantara di Wilayah Kaltim dinilai sangat tepat, apalagi diperkuat melalui keputusan Presiden dan UU No. 3/2022 ttg IKN.

Hal ini diungkapkan Dr Ida Bagus Made Agung Dwijateyana kepada KutaiRaya.com diruang kerjanya, Jum'at (2/12/2022).

"Bisa dikatakan penetapan IKN di Wilayah Kaltim sebagai upaya pemerintah pusat dalam rangka pemerataan pembangunan di seluruh polosok Nusantara. Faktor kondisi geografis posisi Kaltim yang letaknya strategis ditengah pulau Indonesia, semakin mempertegas mengapa IKN Nusantara dipindahkan dari Jakarta ke bumi Kalimantan, " terangnya.

Ia mengatakan, keberadaan IKN di Kaltim, jelas akan memberikan manfaat yang sangat besar, yaitu terjadinya pertumbuhan infrastruktur baru seperti perbaikan jalan, tumbuhnya jalan Tol dan Baypas di kota-kota Kaltim dan Propinsi sekitarnya.

"Bahkan bakal berdampak besar juga terhadap pembangunan Infrastruktur di Desa, lebih khususnya secara pasti, desa-desa terdekat wilayah IKN, yakni di Kukar dan PPU, " imbuhnya.

Ia mengaku, saat ini sudah seharusnya pemangku kepentingan di Kukar, turut mendukung IKN karena bentuk dukungan pemangku kepentingan daerah akan memperlancar pembangunan IKN.

"Keberadaan IKN sangat dibutuhkan masyarakat dan diharapkan pembangunannya terus berkelanjutan, demi kesejahteraan masyarakat Kaltim pada umumnya dan Kukar pada khususnya, " ujarnya.

Ia menambahkan, kedepannya yang harus dipersiapkan Pemkab Kukar sejak dini, adalah pada aspek ketahanan pangan, khususnya untuk wilayah penyangga IKN. Dengan cara ditumbuhkan sentra-sentra pangan baru di Kukar, mengingat Kukar sudah terkenal sejak lama sebagai sentra pangan di Kaltim.

"Untuk program MAP Unikarta siap bersinergi dan berkolaborasi mencetak SDM yang unggul menyiap pembangunan IKN. Program MAP Unikarta siap juga bersaing melahirkan SDM yang terampil terakreditasi, sebagai bentuk komitmen MAP Unikarta mendukung IKN Nusantara, " pungkasnya. (One)

Pasang Iklan
Top