• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Dinas Pariwisata Kukar Slamet Hadiraharjo

TENGGARONG (KutaiRaya.com) Berbagai upaya dilakukan Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) untuk kembangkan pariwisata, salah satunya dengan mempersiapkan rencana pemetaan untuk Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten (KSPK) di Wilayah Hulu Mahakam.

Adapun kawasan tersebut berada di Kecamatan Kota Bangun, Muara Muntai dan Muara Wis. Kawasan ini sendiri menyesuaikan rencana induk pembangunan pariwisata nasional.

Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo mengatakan rencana ini berdasarkan Perda pada tahun 2016 lalu, yang kini sedang disesuaikan kembali dengan kondisi lapangan. Untuk itu Dispar Kukar membuat kajian pemetaan KSPK seputar Kota Bangun dengan harapan dapat memajukan perkembangan sektor pariwisata di Kukar.

"Pemetaan ini kita lakukan dengan mengundang OPD untuk mendapatkan masukan dari luar instansi agar semua terkolaborasi. Sehingga kami mendapatkan informasi dan masukan di Kota Bangun itu bagaimana dapat mengembangkan pariwisata," kata Slamet belum lama ini.

Slamet menyebut potensi wisata di Hulu Mahakam Kukar sangat menjanjikan. Dimana ada beberapa destinasi wisata yang menarik yakni di Tanjung Sarai, Desa Ekowisata Pela, Air Terjun Kedang Ipil, Danau Semayang dan Melintang. Namun dari beberapa destinasi ini masih terhambat akses jalan.

"Jika ingin destinasi itu mendapatkan keuntungan banyak, otomatis infrastruktur dibantu. Jadi koneksi jalan besar ke jalan kecil itu nyaman jalanannya. Wisatawan pastinya akan mendatangi lokasi itu. Makanya kami perlu adanya kolaborasikan ini." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top