• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Ely Hartati Rasyid (istimewa)

TENGGARONG,(KutaiRaya.com) Sektor pertanian menjadi salah satu sector penting yang harus dikembangkan.Pengelolaannya pun harus dilakukan secara maksimal.
Hal ini disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Ely Hartati Rasyid. Ia mendorong Pemprov Kaltim untuk memaksimalkan pengelolaan sektor pertanian di Kaltim.

Menurutnya, Sektor Pertanian merupakan salah satu sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat di dunia, khususnya di Kaltim.

Selain sumber kehidupan, kata dia, sektor pertanian juga dapat meningkatkan pendapatan daerah, terlebih dengan adanya pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim.

"Pertanian kalau pengelolaannya maksimal itu sangat bagus, kita sudah harus mempersiapkan semuanya itu, pertanian kita harus diperluas, Apalagi dengan adanya IKN," kata Ely Hartati, belum lama ini.

Selama ini sumber pendapatan di Kaltim sebagian besar masih bertumpu pada beberapa sektor saja seperti batu bara, kelapa sawit dan migas. Padahal, beberapa sektor tersebut suatu saat akan habis. Karena itu berharap agar sektor lainnya perlu dimaksimalkan terutama sektor pertanian.

"Kita harus pelan-pelan berpikir dan memulai jangan hanya mengandalkan sektor tambang saja, termasuk kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga harus ditingkatkan," ujar legislator Dapil Kukar ini.

Di Kaltim, sebut Ely, masih banyak lahan tidur yang hingga kini belum diproduktifkan menjadi lahan pertanian.

Karena itu, ia berharap agar pemerintah betul-betul serius dan lebih maksimalkan perhatiannya pada sektor pertanian, seperti meningkatkan pemberian pupuk subsidi, pemberian bantuan Alsintan (peralatan pertanian).

"Harus ada dorongan dari pemerintah, seperti memproduktifkan semua lahan tidur, pemberian alat pertanian, pupuk. Jadi itu semua harus ada dukungan dari pemerintah apalagi yang mau jadi petani sekarang semakin sedikit," serunya. (adv)

Pasang Iklan
Top