• Minggu, 28 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kadiskominfo Kukar Dafip Hariyanto)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Diskominfo Kabupaten Kukar melakukan kerjasama dengan Perseroda Tunggang Parangan terkait pemenuhan jaringan internet khususnya daerah yang blank spot di wilayah Kukar.

Kerjasama ini dilakukan Kadiskominfo Kukar Dafip Hariyanto dengan Dirut Perseroda Tunggang Parangan Awang Luthfi, saat Launching Layanan Broadband Digital 6.O dirangkai dengan Ngapeh Hambat Pemerintah Kabupaten Kukar "Wujudkan Kukar Idaman Merdeka Digital", bertempat di Kantor PT. Tunggang Parangan, Kamis (18/8/2022) pekan lalu.

Dafip Hariyanto mengatakan, kerjasama ini selain berkaitan pemanfaatan tower dan sebagainya, juga ada beberapa kerjasama juga berkaitan dengan pemenuhan jaringan di daerah yang blank spot, yang tidak terjangkau dari provider atau yang dikerjakan Pemerintah Kabupaten.

Hal Ini lanjutnya, juga menjadi tuntutan penyesuaian terhadap strategi penyediaan jaringan, kita juga tetap mendorong penyedia vendor provider tapi kalau memang tidak maka kita mencari terobosan berkaitan dengan vendor yang tidak bisa menjangkau daerah blank spot.

"Dan kerja sama dengan Perseroda Tunggang Parangan ini juga bagian kita terobosan pemanfaatan aplikasi penyediaan jaringan, " ungkap Dafip.

Dafip mengaku, termasuk tower yang ada kita tidak manfaatkan lagi, karena tower ini dulu untuk penyediaan sistem jaringan barang milik daerah kemudian keuangan daerah seperti SIMDA dan lainnya dan masing-masing Kecamatan sudah ada Fiber Optik (FO) maka kita gunakan pihak ketiga untuk penyediaan jaringan internet pemerintah.

"Dari pada keberadaan tower ini sayang mengganggu laporan aset kami kita coba dengan kerjasama ini bagaimana caranya bisa bermanfaat dengan libatkan TP dan pihak ketiga, sebelumnya tower ini kita sewakan dengan vendor yang ada, " imbuhnya.

Ia menambahkan, kedepannya selain kita dapat PAD dari sewa tower untuk kas daerah, juga kemudian daerah blank spot di Kukar juga dapat tertangani. (One)

Pasang Iklan
Top