• Selasa, 27 Februari 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Karang Taruna Kelurahan Maluhu menggelar Festival Ramadan untuk kedua kalinya dalam rangka menyemarakkan Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Kegiatan bertempat di halaman depan Kantor Kelurahan Maluhu pada Minggu (24/4/2022) dini hari.

Dalam kegiatan tersebut dirangkai beberapa perlombaan. Mulai dari mewarnai kaligrafi, adzan, hafalan surah pendek, begerakan sahur dan lomba ta'jil.

Untuk kegiatan begerakan sahur yang diinisiasi para pemuda-pemudi Maluhu yang di ikuti sebanyak 10 regu yang turut mensukseskan kegiatan Festival Ramadhan. Peserta tergabung dari warga Maluhu maupun kelurahan terdekat. Mulai dari anak-anak, pemuda hingga ibu-ibu.

Camat Tenggarong Sukono membuka langsung kegiatan begerakan sahur, turut hadir Lurah Maluhu Bayu Ramanda, Ketua Karang Taruna Maluhu Dwi Prasetio Utomo serta toko masyarakat

Camat Tenggarong Sukono menyampaikan apresiasi terkhusus kepada kawan-kawan karang taruna yang mengawal semangatnya bersama-sama. Sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik.

"Ini perlu disebarluaskan karena melatih kreativitas, kreasi dan sebagai bentuk pengembangan diri. Kedepan mari segera daftarkan diri, tidak perlu melihat hadiahnya. Tetapi bagaimana kita menyemarakan bulan ramadan," ucap Sukono.

Dikatakan Sukono begerakan sahur ini telah dilaksanakan di tingkat Kecamatan Tenggarong. Tahun berikutnya, diharapkan dapat mengundang kecamatan-kecamatan terdekat. Oleh karena itu, keterlibatan kelurahan dan desa di Tenggarong diminta kehadirannya. Terutama di Maluhu, yang sudah beberapa kali mengadakan bergerakan sahur.

"Karena tahun ini tidak semua kelurahan mengirimkan perwakilannya. Kedepannya harus berani tampil, sehingga ada nama perwakilan kelurahan dan desa di tingkat kecamatan," ujarnya.

Sementara Lurah Maluhu, Bayu Ramanda menyebut terlepas dari tertundanya festival ini pada 2020 lalu akibat Pandemi Covid-19. Dukungan penuh diberikan kepada Festival ini, terutama dalam menyemarakkan bulan suci ramadan.

"Alhamdulilah Tahun 2021 akhirnya bisa kembali terlaksana hingga tahun ini," jelasnya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Maluhu, Dwi Prasetio Utomo menambahkan bahwa terlaksananya kegiatan ini berkat dukungan seluruh eleman masyarakat Maluhu. Diantaranta Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Miftahul Jannah Maluhu, MH Group dan Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) rating Tenggarong.

Suksesnya festival ini juga dukungan seluruh warga Maluhu yang ikhlas turut membantu. Atas hal ini, Dwi berharap pada tahun-tahun mendatang. Festival serupa ini dapat terselenggara kembali secara rutin.

"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh donatur-donatur yang telah membantu sehingga bisa terselenggara dengan lancar," tutup Dwi. (*dri)

Pasang Iklan
Top