• Sabtu, 27 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Tim Penilaian Lomba Binter disambut tradisi Tepong Tawar dan Tarian Jepen di Makodim 0906 Kukar)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Tim Penilaian Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) Tingkat Pusat tahun 2021 berkunjung ke Makodim 0906/KKR untuk melakukan penilaian lomba Binter, Senin (30/8/2021).

Selain dihadiri Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, Forkopimda Kukarpun turut hadir mensukseskan penilaian lomba Binter ini, seperti Bupati Kukar Edi Damansyah, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid, Kapolres Kukar AKBP Arwin Amrih Wientama, perwakilan Kajari Kukar serta para tokoh agama di Kukar.

Dari pantauan media ini, Tim penilai lomba Binter disambut tradisi tepong tawar oleh pihak Kesultanan, kemudian disuguhkan tarian jepen, lalu disambut unsur Forkopimda Kukar tokoh agama dan jajaran Kodim 0906 Kukar, dilanjutkan penanaman pohon buah di halaman Makodim, lalu foto bersama kemudian melihat Display kiprah satuan Kodim/KKR dalam penanganan Covid-19 yang juga dipaparkan oleh Dandim 0906 Kukar.

Lalu meninjau serbuan vaksinasi terpadu Kabupaten Kukar di aula Kodim, kemudian meninjau Poliklinik Kesehatan 06.10.04 Kukar lalu menuju Demplot IFS Kodim 0906/KKR, selanjutnya kembali ke aula Darmawangsa Kodim 0906 Kukar pelaksanaan tatap muka sekaligus pemberian testimoni kegiatan yang sudah dilakukan Kodim 0906 Kukar oleh pejabat Forkopimda Kukar, dan terakhir kunjungan ke Koramil 0906-02/ Loa Kuli. Dan tim penilai Binter dilanjutkan Selasa (31/8/2021) ini ke Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberang untuk melihat Hanpangan Kodim Kukar.

Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro mengatakan, pihaknya yang berada di Korem 091/ASN sebenarnya ada 8 Kodim yang mengikuti, dan setelah dilakukan penilaian ditingkat Korem maka Kodim 0906 Kukar menjadi yang tertinggi penilaiannya, kemudian kami ajukan ke tingkat Kodam VI Mulawarman dimana pesertanya ada 3 Korem.

"Masing-masing unggulan dari Korem itu dinilai oleh Kodam, dan Kodam IV Mulawarman menunjuk Kodim 0906 Kukar untuk mengikuti penilaian di tingkat Angkatan Darat, ini yang secara berjenjang kita sampaikan kepada tim bahwa semua di Kodim ini bukan tiba-tiba jadi kami menekankan kepada para Dandim lakukan sesuai program, mari kita semua berinovasi agar karya kita bisa bermanfaat di wilayahnya," terangnya.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah mengaku, pihaknya sangat bangga Kodim 0906 Kukar masuk 10 besar dalam penilaian lomba Binter nasional, maka kami berharap agar Kodim kita bisa mencapai peringkat yang terbaik secara nasional atau meraih juara pertama.

"Tentunya apa yang sudah dilakukan Kodim Kukar baik itu pembinaan tertorial, sosial kemasyarakatan itu tidak terlepas bagaimana sinergisitas sesuai arahan pusat, TNI-Polri, pemerintah daerah harus bersinergi dengan baik bagaimana tugas pelayanan kepada masyarakat, dan di Kukar kita tambah sinergisitas menjadi 5 pilar, yakni TNI-Polri, pemerintah daerah dan dunia usaha. Kemudian dari kredibilitas dan inovasi yang telah dilakukan Kodim itu disesuaikan dengan karakteristik daerah kita," tuturnya.

Sebagai informasi, Lomba Binter merupakan ajang penilaian terhadap Kodim di berbagai daerah, dengan tipe dan klasifikasinya. Untuk kodim tipe A, adalah kodim yang berada di ibu kota atau kota besar. Tipe B yang berada di kabupaten/kota. Tipe C yaitu kodim di daerah perbatasan. Sedangkan kodim tipe D adalah kodim di wilayah rawan konflik.

Dan tahun ini karena lomba dilaksanakan di masa pandemi, maka pimpinan TNI AD sangat berharap keberadaan satuan Korwil sebagai insan teritorial harus bisa membantu masyarakat. Tentunya Kodim bekerjasama dengan Pemerintah maupun Polri untuk menekan seminimal mungkin terjadinya korban terpapar covid-19 dan menyadarkan masyarakat bahwa protokol Kesehatan menjadi kebutuhan hidup saat ini.

Adapun kriteria yang diperlombakan meliputi berbagai aspek pembinaan teritorial dan prestasi satuan. Tim penilai dari Mabes TNI AD pada lomba binter ini juga melihat aspek lain, yakni bakti sosial TNI dengan masyarakat dan Pemda, hingga pemberdayaan wilayah serta program-program unggulan Kodim. (One)

Pasang Iklan
Top