• Senin, 29 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Sosialisasi penegakan disiplin protokol kesehatan dengan mengangkat kearifan lokal)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Dandim 0906 Tenggarong Letkol Inf Charles Alling mengatakan, mengingat kasus harian terkonfirmasi Covid-19 di Kukar meningkat sangat fantastis, terakhir Sabtu (30/1) kemarin penambahan positif Covid-19 sebanyak 135 dan sebelumnya 166, jadi rata-rata kita tidak pernah turun dari angka 100, ini artinya kita harus aware terhadap kondisi saat ini maka upaya mengatasi harus di optimalkan dengan melaksanakan kegiatan patroli dan promotif yang sudah dilakukan.

"Dan untuk kegiatan tersebut kita mengemasnya sekarang bukan lagi dengan kegiatan represif tetapi kita mengemas dengan cara unik mengangkat kearifan lokal, dengan ikonnya adalah Srikandi Kukar dengan memadukan Polwan dan Kowad, kemudian juga kita menggunakan ikon andong supaya bisa menyelami hati dan pikiran masyarakat, karena saat ini kondisi psikologi masyarakat memang lagi jenuh-jenuhnya tetapi kita tidak boleh berhenti untuk terus menghimbau kepada masyarakat untuk mempedomani protokol kesehatan," jelas Dandim Charles Alling.

Ia mengaku, untuk sasaran kegiatan ini adalah sektor-sektor yang memiliki potensi kerumunan masyarakat seperti pasar, informal, usaha dan lainnya, intinya bukan menutup kegiatan operasional tetapi kita terus menghimbau menjaga agar tidak ada lagi klaster-klaster baru diwilayah Kukar.

"Saya juga menghimbau kepada masyarakat bahwa pandemi Covid-19 memang benar-benar ada karena bisa dilihat banyak sekali saudara-saudara kita bahkan keluarga kita yang sudah mendahului karena Covid-19, untuk itu kepada masyarakat wajib mempedomani protokol kesehatan karena ini merupakan kunci dimasa pandemi," terangnya.

Selain itu lanjutnya, untuk formulasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kukar sudah jelas dengan telah dikeluarkannya Surat Edaran, yang menjadi pedoman kami untuk melakukan kegiatan penegakan disiplin protokol kesehatan di lapangan.

Sebagai informasi, sebelum dilakukan sosialisasi tersebut terlebih dahulu dilakukan apel operasi terpadu penegakan disiplin protokol kesehatan yang dipimpin oleh Dandim 0906/TGR Letkol Inf Charles Alling dihadiri Staf Ahli Bupati Kukar Wicaksono Subagio dan Wakapolres Kukar Kompol Erick Budi Santoso dan diikuti peserta dari TNI, Kepolisian, Satpol PP, Dishub, BPBD dan Remaong Kutai berlangsung di halaman Makodim 0906 Tenggarong, Minggu (31/1) pagi.

Selain sosialisasi disiplin protokol kesehatan juga pemberian masker kepada pengguna kendaraan yang tidak memakai masker dipertigaan lampu merah parkiran pulau Kumala, kemudian melakukan screening di jalur dua km 1 Tenggarong Seberang untuk menghindari terjadinya arus kedatangan masyarakat dari luar Tenggarong dibatasi, jika tidak ada kepentingan maka pengendara di suruh kembali. (One)

Pasang Iklan
Top