• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Ruang Pelayanan Teknis dan Adminstrasi bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Kukar diresmikan Bupati Kukar Edi Damansyah, di kantor Bagian Kesra Pemkab Kukar, Jum'at (18/08/2023) malam.

Menurut Kepala Bagian Kesra Setkab Kutai Kartanegara, Dendy Irwan Fahriza, ruang pelayanan ini merupakan penerjemahan dari Program DiSAPA (Digitalisasi Pelayanan Publik) Pemkab Kukar.

Ia mengaku, ruang Pelayanan Teknis dan Adminstrasi Kesejahteraan Rakyat ini merupakan salah satu terobosan dari inovasi dari Solusi Teknis dan Administrasi Kesejahteraan Rakyat.

"Ruang Pelayanan ini akan menjadi wadah yang representatif untuk pelayanan kepada masyarakat, pelayanan yang diselenggarakan diruang pelayanan ini antara lain layanan hibah mulai dari perencanaan, pencairan dan pertanggugjawaban, kemudian layanan pengusulan akte yayasan dan pelayanan beasiswa. Harapannya dengan adanya ruang pelayanan ini akan memberikan pelayanan yang mudah, akurat, netral, transparan, amanah dan paripurna," terangnya.

Ia menjelaskan, pelayanan berbasis digital ini sesuai dengan program pusat dan daerah. Kemudian memang kita berupaya memberikan pelayanan yang representatif, jadi bagaimana masyarakat itu diberikan layanan yang mudah, akurat, transparan, akuntabel dan paripurna.

"Ketika mereka datang kembali dengan senyum, dan dilayani tanpa biaya. Semua pelayanan kesejahteraan rakyat disini, jadi tidak ada lagi pelayanan di ruang kerja," imbuhnya.

Dendy Irwan Fahriza mengatakan, sudah satu bulan kita lakukan simulasi di ruangan ini, dan petugasnya dibagi dua shif, pagi dari pukul 08.00 sampai 12.30 wita terdiri dari 4 orang, 3 orang PNS dan 1 THL, shif siang juga 3 orang PNS dan 1 THL mulai pukul 12.30 sampai 16.30 wita sesuai jam kerja.

"Layanan yang diberikan ada 3, yang memang layanan mayoritas di Bagian Kesra, yakni ada layanan hibah, layanan Akta yayasan gratis dan layanan beasiswa. Untuk layanan beasiswa ini, bagi masyarakat yang kesulitan mendaftar misalnya sulit mengakses aplikasinya atau sulit meng upload kami akan bantu sampai selesai," bebernya.

Ia menambahkan, selain meresmikan ruang pelayanan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Kukar sekaligus melaunching Inovasi berupa Solusi Teknis dan Administrasi Kesejahteraan Rakyat Idaman, yang berisikan terobosan berupa konsep beasiswa kerjasama yang berfokus pada perencananaan SDM dengan mengacu pada Anjab dan ABK.

Kemudian lanjutnya, pembiayaan Tuntas untuk 8 Semester selama 4 tahun serta P
Pemanfaatan SDM Hasil Beasiswa Kerjasama dengan mekanisme open rekruitment, lalu Sistem Informasi Hibah Idaman (SOHIBN IDAMAN) yang merupakan sistem informasi untuk pengajuan usulan hibah keagamaan dan usulan akte yayasan serta penyajian data realisasi hibah tahun sebelumnya.

"Terobosan berikutnya berupa Sistem Informasi Pendataan Umat Berbasis Manajemen Rumah Ibadah, dimana sistem ini berfokus kepada penyajian data profil umat berdasarkan pada usulan umat disekitar rumah ibadah, yang nantinya akan menjadi dasar penyaluran donasi dan pemberdayaan dari umat untuk umat, sehingga rumah ibadah dan umat berperan aktif dalam rangka mendukung pengetasan kemiskinan berbasis rumah ibadah," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah berharap, dengan adanya inovasi dari Kabag Kesra ini, SDM yang ada di Bagian Kesra segera untuk menyesuaikan proses kerjanya, sehingga mencapai target kinerja dan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

"Apa yang kita lakukan saat ini merupakan implementasi dari reformasi birokrasi dalam aspek perbaikan sistem, sehingga nantinya saya harapkan perbaikan sistem ini di iringi dengan penyesuaian SDM terhadap sistem kerja tersebut, dan harapannya kedepan hal ini bisa menjadi percontohan bagi perangkat daerah lain," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top