• Rabu, 24 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kabag Kesra Setkab Kukar, Dendy Irawan Fahreza)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Salah satu dari 23 program Dedikasi dari Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah dan Rendi Solihin yakni program Beasiswa KUKAR IDAMAN, terus digulirkan agar bisa dirasakan anak-anak Kukar yang saat ini masih menempuh pendidikan.

Setelah dibuka sejak 7 Februari dan ditutup pada 7 April 2024, dengan dua jenis beasiswa, yaitu Stimulan dan kerjasama tematik. Kini Beasiswa KUKAR IDAMAN tahap I telah terealisasi, dan rencananya tahap II bakal di buka pada September 2024 mendatang.

Hal ini diungkapkan Kabag Kesra Setkab Kukar, Dendy Irawan Fahreza, saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (10/07/2024).

"Tahap kedua nanti kalau memang tidak ada halangan dibuka di bulan September mendatang," ujar Dendy.

Namun, dikatakan Dendy Irawan Fahreza, bahwa untuk kendala penerimaan beasiswa tahap pertama ini, ada 3 nama penerima yang sudah terdeteksi rekeningnya tidak aktif, yang kedua bukan atas nama penerima, dan itu akan kita proses ulang lagi.

Ia menjelaskan, dengan aturan dari SIPD memang rekening penerima harus divalidasi dulu oleh bank yang bersangkutan, misalnya rekening penerima BRI, jadi kami harus ke BRI dulu bersurat kemudian Bankaltimtara mengecek apakah rekening yang bersangkutan ini aktif atau pasif, benar atau tidak atas nama penerima, setelah itu nanti dari SP2D yang sudah selesai diajukan dari pihak bank akan menyalurkan langsung ke penerima, tidak lagi melalui kami.

"Dan mekanisme itu ya memang harus bertahap karena jumlahnya ada 2.900, kalau yang kemarin kami langsung bisa salurkan ketika ada yang pasif tidak ada aktivasi pemberitahuan. Makanya kami harapkan memang pendaftar beasiswa Kukar Idaman ini pastikan rekening bank yang didaftarkan itu aktif, jadi jangan maunya cepat tapi ternyata rekening mereka bermasalah, dan itu jadi kendala, " ujarnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Kabupaten Kukar telah resmi mengumumkan hasil seleksi, yang berlandaskan pada Keputusan Bupati Kutai Kartanegara Nomor: 209/SK-BUP/HK/2024 tertanggal 28 Juni 2024. Sebanyak 1.530 pelajar dan mahasiswa terpilih berdasarkan proses verifikasi dan validasi yang ketat.

Pengumuman dan rincian nama penerima beasiswa sudah dapat diakses melalui laman resmi beasiswa.kukarkab.go.id. Dana beasiswa akan disalurkan langsung ke rekening masing-masing penerima secara bertahap.

Sebelumnya, jumlah yang mendaftar beasiswa mencapai 5.000 orang. Setelah melewati proses verifikasi dan validasi berkas, kemudian mengerucut sesuai kouta yang ditetapkan.

"Kouta tahap pertama mencapai 1.530 penerima yang terbagi dua kategori, stimulan 1.300 dan kerjasama 230 orang," tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top