• Rabu, 24 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sri Wahyuni

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kembali mengaktifkan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI), yang telah vakum selama dua tahun.

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni, mengumumkan ini saat menghadiri Penutupan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) di Museum Mulawarman Tenggarong, Sabtu (6/7/24) malam.

Pada tahun ini, Pemprov Kaltim membuka pendaftaran untuk 125 mahasiswa. Pendaftaran terbuka untuk umum dan akan difasilitasi dengan Beasiswa Kaltim Tuntas. Aktivasi ISBI Kaltim ini merupakan hasil dari perjuangan panjang melalui berbagai rapat dan perubahan nomenklatur. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI akhirnya menyetujui aktivasi ISBI Kaltim.

Sri Wahyuni menjelaskan bahwa setelah melalui serangkaian rapat, akhirnya ISBI disetujui untuk diaktifkan dengan pendaftaran mulai tanggal 7 Juli sampai 16 Agustus 2024.

"Semua mahasiswa Kaltim yang mendaftar akan diberikan beasiswa penuh tanpa batasan usia,"katanya.

Prodi yang ditawarkan meliputi Prodi Tari, Prodi TV dan Film, Musik Etnologi, dan Kriya, yang semuanya setara S1. Pembelajaran akan dilakukan di gedung eks Serapo Museum Mulawarman, sementara pembangunan gedung baru ISBI di Desa Loa Lepu, Kecamatan Tenggarong Seberang, sedang dalam persiapan. Lahan seluas 40 hektare telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kukar.

Sri menambahkan bahwa ISBI Kaltim akan berkolaborasi dengan ISI Jogja, dan kunjungan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan untuk meninjau lokasi pembangunan akan dilakukan minggu depan.

"Kementerian telah mengalokasikan dana Rp 100 miliar untuk pembangunan gedung, dan operasional akan didukung bersama oleh Pemprov Kaltim," jelasnya.

Pembelajaran perguruan tinggi negeri ini diharapkan dapat dimulai pada bulan September nanti. Sri juga menegaskan bahwa vakumnya ISBI Kaltim tidak menghentikan pemerintah untuk berinovasi. Justru, pemerintah berkomitmen untuk menguatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang seni dan kebudayaan melalui ISBI.

"Kami berharap semua berjalan lancar dan ISBI Kaltim bisa eksis lagi. Jadi, mari masyarakat Kaltim segera mendaftar selama dua bulan ke depan ini," pungkasnya. (dri)

Pasang Iklan
Top