• Kamis, 25 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Wisata Desa Pela

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sejumlah objek wisata di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kini menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Beberapa objek wisata andalan di daerah ini, seperti Wisata Danau Tanjung Sarai di Desa Kedang Murung dan Wisata Desa Pela, semakin diminati.

Pemerintah setempat terus mendorong sektor pariwisata agar Kecamatan Kota Bangun menjadi tujuan utama bagi wisatawan.

Sekretaris Camat Kota Bangun, Abdul Karim, menyatakan bahwa kedua objek wisata tersebut dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang telah meraih berbagai prestasi.

"Pokdarwis Desa Pela bahkan telah mencapai tingkat nasional pada tahun 2023 dan terbaru meraih penghargaan Kalpataru tahun 2024 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, kategori penyelamatan lingkungan," ujar Abdul Karim.

Dengan pengelolaan yang baik, perekonomian masyarakat di Kecamatan Kota Bangun turut meningkat, terutama bagi para pelaku usaha lokal.

"Saya berharap agar seluruh objek wisata di Kecamatan Kota Bangun selalu ramai dikunjungi, sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kukar dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat, khususnya di Kecamatan Kota Bangun," tuturnya.

Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta, menyambut baik meningkatnya jumlah wisatawan yang datang ke Kecamatan Kota Bangun. Menurutnya, hal ini menunjukkan keberhasilan daerah tersebut dalam mengelola dan mengemas tempat wisata menjadi menarik dan nyaman bagi pengunjung.

"Kami dari Dispar Kukar terus memberikan dukungan dan bantuan supaya pariwisata di Kota Bangun terus maju dan berkembang. Bahkan, nantinya daerah tersebut bisa menjadi percontohan bagi daerah lain," tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top