• Jum'at, 14 Juni 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Peningkatan kapasitas guru Bahasa Inggris tingkat SMP Kukar.

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) memfasilitasi peningkatan kapasitas guru bahasa Inggris tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari dari tanggal 9-11 Juni 2024 di Hotel Grand Fatma Tenggarong.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Kurikulum, Pengembangan Bahasa dan Sastra, Perizinan Pendidikan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Kukar, Joko Sampurno.

Sebanyak 200 peserta dari SMP se-Kukar mengikuti kegiatan tersebut.

Joko menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru khususnya mata pelajaran bahasa Inggris tingkat SMP. Dengan adanya kegiatan ini, guru-guru bahasa Inggris diharapkan menjadi lebih profesional dan mampu menemukan formulasi yang tepat dalam proses pembelajaran bahasa Inggris yang efektif.

"Artinya tidak manual lagi tapi menggunakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa-siswa, karena kemampuan siswa itu tidak sama," ujar Joko pada Minggu (9/6/24).

Menurut Joko, proses pembelajaran harus disesuaikan dengan kemampuan siswa yang bervariasi, baik secara verbal maupun visual. Bahasa Inggris memerlukan pemahaman dua aspek tersebut. Metode pembelajaran juga harus kreatif dan inovatif agar siswa tertarik dan dapat dengan mudah menyerap materi yang disampaikan.

Ia menambahkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris memerlukan latihan yang konsisten. Jika latihan dilakukan secara rutin, hasilnya akan maksimal, sebaliknya, jika jarang dilakukan, pembelajaran bahasa Inggris tidak akan efektif.

"Harapannya, metode pembelajaran setelah kegiatan ini tidak sama dengan sebelumnya. Guru harus lebih kreatif dan inovatif sehingga proses pembelajaran diminati oleh siswa dan mereka dengan mudah menyerap apa yang disampaikan oleh gurunya," tutupnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top