• Sabtu, 27 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Awang Yacoub Luthman didampingi Amhad Zais saat menyerahkan perbaikan dukungan calon perseorangan ke KPU Kukar.

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bakal Pasangan Calon (Bacalon) Bupati dan Wakil Bupati Kukar 2024 jalur independen, Awang Yacoub Luthman dan Akhmad Zais (AYL-AZ), menyerahkan perbaikan dukungan sebanyak 59.378 ke KPU Kukar pada Jum'at (7/6/24).

Pada verifikasi administrasi (Vermin) awal, dukungan suara AYL-AZ belum memenuhi syarat minimal yang ditetapkan oleh KPU, yaitu 40.730 dukungan yang tersebar di 20 Kecamatan.

Awang Yacoub Luthman menjelaskan bahwa dari 53.993 dokumen dukungan yang awalnya diserahkan, 9.067 memenuhi syarat, 33.275 belum memenuhi syarat, dan 11.651 tidak memenuhi syarat.

"Selama proses perbaikan 4 hari ini, kami pisahkan dokumen yang belum memenuhi syarat. Kapasitas software menjadi kendala," ujarnya.

Ia menyatakan bahwa sistem SILON yang baru mereka gunakan menjadi tantangan.
"Ketika kami mengunggah ke SILON, sistem tidak sepenuhnya menerima data kami dengan baik. Banyak KTP yang diunggah terlihat hitam karena masalah sistem, bukan dokumen asli,"jelasnya.

Ia menambahkan bahwa banyak data yang terkirim mengalami masalah, seperti KTP hitam atau tanda tangan dan tanggal yang lupa diisi.

"Kami menyerahkan 50.319 dukungan baru ditambah yang sudah memenuhi syarat, total menjadi 59.378," sebutnya.

Ia menyebutkan bahwa dukungan tambahan banyak datang dari daerah seperti Handil dan Samboja, di mana masyarakat berbondong-bondong memberikan dukungan dalam 3-4 hari terakhir.

Sementara Ketua KPU Kukar, Rudi Gunawan, mengatakan bahwa penyerahan ini adalah bagian dari perbaikan yang dilakukan dari tanggal 3 - 7 Juni.

"Hari ini, bakal paslon menyerahkan 50.319 dukungan untuk kami verifikasi mulai 8 - 18 Juni 2024,"tutupnya. (dri)

Pasang Iklan
Top