• Kamis, 16 Mei 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Ratusan peserta, terdiri dari pelajar dan guru, mengikuti lomba gerak jalan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 dengan tema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar".

Kegiatan ini digelar pada Senin (29/4/24), dipusatkan di depan Kedaton Kesultanan Kukar, diikuti oleh 216 regu. Lomba yang dimulai sejak pukul 07.00 ini disambut dengan antusiasme oleh para peserta dan masyarakat yang turut hadir untuk menyaksikan pelepasan lomba.

Kabid Kurikulum Pengembangan Bahasa dan Sastra, Perijinan Pendidikan, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Kukar, Joko Sampurno, menjelaskan bahwa tujuan lomba gerak jalan ini pertama adalah untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2024.

"Gerak jalan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kegiatan baris berbaris, baik dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, maupun tenaga kependidikan. serta untuk mengenang tokoh pendidikan, yaitu KH Dewantara, yang lahir pada 2 Mei 1879," ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa lomba ini diikuti oleh 216 regu dari berbagai tingkat pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, SMK, serta guru dan tenaga kependidikan. Selain lomba gerak jalan, juga ada rangkaian kegiatan lain di kantor, seperti lomba ranking 1, yang diikuti oleh siswa-siswi dari se-Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, harapan saya adalah agar kita dapat mendorong pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar untuk mewujudkan profil Pancasila, dengan tema Merdeka Belajar Lanjutkan," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa Kurikulum Merdeka Belajar menjadi salah satu kurikulum yang harus tetap dilaksanakan untuk mencapai misi Kutai Idaman dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia.

"Dengan adanya lomba-lomba dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional dan kegiatan lainnya, kita dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Kabupaten Kutai Kartanegara yang berakhlak mulia dan berbudaya," pungkasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top