• Rabu, 17 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Tenggarong Kutai Karnival (TKC) Kukar turut memeriahkan acara Malam Ramah Tamah Rapat Kerja Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Se-Kaltim yang diselenggarakan di halaman Planetarium Jagat Raya Tenggarong pada Jumat (23/2/24) lalu.

Wakil Ketua TKC Kukar Mulyanto, mengatakan TKC Kukar menampilkan 5 tema yang mencakup berbagai aspek budaya lokal, seperti Kedaton Kutai Kartanegara, festival tiga danau di hulu Mahakam, tari topeng nusantara, serta fauna langka yang dilindungi seperti trenggiling.

"Penampilan tersebut merupakan dukungan dari Dinas Pariwisata Kukar untuk memperkenalkan potensi budaya dan pariwisata yang dimiliki oleh Kukar." ujarnya.

Persiapan penampilan TKC melibatkan workshop dan pelatihan selama dua minggu sebelum acara, di mana kostum-kostum yang unik dan kreatif dipersiapkan untuk menampilkan kekayaan budaya dan seni daerah.

"Diharapkan bahwa melalui kegiatan seperti ini, potensi pariwisata dan seni budaya Kalimantan Timur, khususnya Kutai Kartanegara, dapat lebih dikenal dan diapresiasi oleh masyarakat luas." ungkapnya.

Ia menambahkan TKC Kukar, sebagai salah satu karnaval berstandar nasional di Kalimantan Timur, telah bergabung dalam Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari), yang mempromosikan budaya karnaval di Indonesia.

Dengan usianya yang telah mencapai 12 tahun, TKC Kukar terus berupaya untuk meningkatkan minat dan partisipasi masyarakat dari berbagai kalangan, bukan hanya anak muda, namun juga dewasa, pelajar, dan individu yang berbakat di bidang seni.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Slamet Hadiraharjo, mengatakan bahwa kehadiran TKC Kukar dalam acara tersebut bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata dan kesenian lokal, serta untuk mewadahi para pelaku seni yang telah berkontribusi dalam karnaval.

"Kami berharap semoga dengan partisipasi mereka, budaya dan pariwisata Kukar dapat semakin dikenal dan diapresiasi oleh masyarakat luas." tutupnya. (dri)

Pasang Iklan
Top