• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kabid Pemasaran Triyatma

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merencanakan studi tiru ke Labuan Bajo untuk menggali potensi pengembangan, peningkatan, dan pengelolaan pariwisata di Kukar. Langkah ini bertujuan untuk memperkenalkan lebih jauh potensi wisata yang dimiliki oleh Kukar.

Labuan Bajo dipilih sebagai destinasi studi tiru karena merupakan salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas yang sedang dikembangkan di Indonesia. Terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Labuan Bajo adalah sebuah surga tersembunyi yang terkenal dengan keindahan alamnya, termasuk Pulau Komodo yang menjadi habitat bagi hewan langka seperti komodo.

Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadiraharjo, melalui Kabid Pemasaran Triyatma mengatakan, bahwa rencana studi tiru ini melibatkan kerjasama dengan Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) dan bertujuan untuk memperkenalkan potensi dan pengelolaan wisata di Kukar, serta mempelajari cara perlindungan dan promosi tempat wisata yang dilakukan di Labuan Bajo.

"Pariwisata menjadi lokomotif yang mendorong berbagai sektor jika diimbangi dengan peningkatan branding dan koordinasi yang baik antar OPD yang terkait, serta diikuti dengan anggaran yang memadai. Evaluasi terus dilakukan untuk memperbaiki kekurangan agar tidak terulang,"katanya.

Dengan studi tiru ini, diharapkan Kukar dapat memperoleh wawasan dan pemahaman yang lebih baik dalam mengembangkan potensi pariwisata lokalnya, sekaligus menjadikan Labuan Bajo sebagai inspirasi untuk meningkatkan daya tarik wisata di Kukar. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top