• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar pemusnahan 8.259 surat suara rusak pada pemilu 2024. Pemusnahan tersebut bertempat di Halaman Kantor KPU Kukar pada Selasa (13/2/24).

Dalam pemusnahan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kukar Purnomo, didampingi Anggota KPU Muchamad Amin,turut dihadiri perwakilan dari Polres Kukar dan Bawaslu Kukar.

Purnomo mengatakan bahwa pemusnahan ini dilakukan setelah semua surat suara telah didistribusikan ke masing-masing wilayah di Kukar. Pemusnahan ini sesuai pedoman teknis tata kelola logistik pemilu. Pertama dia kusam gambarnya, kedua ada noda, ketiga sobek, empat kalau kusut, terus dia ada potongan yang tidak simetris, jadi dalam lembar itu dia potongnya tidak presisi, dia potong media yang ada di dalam surat suara

"Kerusakan suara ini ditemukan pada saat selesai melakukan tahapan sortir dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024, total ada 8.259 surat suara yang rusak dan hari ini kita musnahkan dengan cara dibakar." jelas Purnomo kepada media Selasa (13/2/24)

Adapun rinciannya untuk surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 2.350 lembar, surat suara Pemilu anggota DPR sebanyak 2.060 lembar, surat suara Pemilu anggota DPD sebanyak 1.874 lembar, surat suara Pemilu anggota DPRD Provinsi sebanyak 410 lembar, dan surat suara Pemilu anggota DPRD Kabupaten/Kota sebanyak 1.565 lembar.

Purnomo menjelaskan bahwa pemusnahan ini telah melalui beberapa tahapan sortir lipat surat suara sudah dilakukan dari tanggal 23 Desember 2023 sampai dengan tanggal 8 Januari 2024. Dan untuk surat suara yang rusak telah lakukan permohonan kembali percetakan kembali dengan cara membuat berita acara sesuai jumlah yang rusak,

"Artinya surat suara yang kurang sudah diganti dengan yang baru. Saat ini surat suara telah di distribusikan ke masing-masing TPS, kami pastikan hari ini semua logistik telah sampai di TPS." tutupnya. (Dri)

Pasang Iklan
Top