• Jum'at, 14 Juni 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pantai Panrita Lopi di Pulau Pangempang, Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, bukan hanya menjadi destinasi wisata alam yang menarik, tetapi juga berperan dalam memberdayakan masyarakat sekitar.

Ahmad atau biasa disapa Daeng Lompo sebagai owner Pantai Panrita Lopi, menjelaskan bahwa pantai ini berhasil meningkatkan ekonomi lokal dengan melibatkan masyarakat dalam pengembangan wisata.

"Pantai Panrita Lopi memberikan peluang kepada masyarakat lokal untuk terlibat dalam pengelolaan penyeberangan dan menjadi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)." katanya

Daeng Lompo mengatakan bahwa akses menuju pantai melibatkan penyeberangan dengan menggunakan kapal dari dermaga penyeberangan Pantai Panrita Lopi. Para pelaku usaha penyeberangan dan UMKM di sekitar pantai sebagian besar berasal dari masyarakat setempat.

Selain memberdayakan masyarakat, Pantai Panrita Lopi menawarkan berbagai kegiatan dan fasilitas untuk para pengunjung. Tiket masuk bervariasi tergantung pada hari biasa (Senin-Jumat), tiket masuk atau pulang pergi termasuk kapal seharga Rp 40.000 untuk dewasa, Rp 25.000 bagi anak usia 2-10 tahun.

Dan pada akhir pekan dan hari libur, seperti Sabtu dan Minggu, harga tiket menjadi Rp 50.000 untuk dewasa, Rp. 35.000 bagi anak usia 2-10 tahun, sudah termasuk kapal pulang pergi.

Selain itu, pantai ini menyediakan layanan penyewaan tenda, hammock, tikar, dan terpal untuk camping, dengan harga yang bersaing.

"Pantai Panrita Lopi bukan hanya tempat wisata yang indah tetapi juga berkomitmen pada pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Dengan menyediakan fasilitas yang memadai dan mendukung UMKM lokal, pantai ini menjadi contoh bagaimana pariwisata dapat berkontribusi positif pada ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat." pungkasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top