• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kapolres Kukar, AKBP Heri Rusyaman

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Polres Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Kodim 0906 Kukar menegaskan kesiapannya untuk melakukan pengamanan pada pendistribusian logistik dan menjaga kondusifitas Pemilu 2024. Langkah ini diambil untuk memastikan ketertiban dan kelancaran pelaksanaan pemilu pada 14 Februari mendatang.

Kapolres Kukar, AKBP Heri Rusyaman, mengatakan bahwa TNI-Polri telah mempersiapkan anggota setelah berkoordinasi dengan KPU, terutama pada H-7 pendistribusian logistik pemilu. Hal ini menjadi tantangan dalam mengamankan logistik dari KPU Kabupaten hingga ke tingkat Kecamatan, terutama di daerah-daerah yang mungkin sangat jauh.

"Pada H-3 sampai H-1, kita akan amankan di TPS masing-masing, dan pola pengamanannya sudah ditentukan. Total personil yang terlibat dalam pengamanan mencapai 682 orang, dengan dukungan dari TNI Kodim 0906 dan bantuan dari Polda untuk mengamankan TPS yang kekurangan personil," ujar Heri Jum'at (2/2/24).

Sementara Dandim 0906 Kukar, Letkol Inf Jeffry Satria, menjelaskan bahwa Kodim 0906 memberikan bantuan kepada Polri sesuai dengan MoU antara Panglima TNI dan Kapolri. Dandim mengungkapkan bahwa sudah ada koordinasi erat dengan Babinsa di Koramil masing-masing kecamatan, yang terlibat sebanyak 271 personil.

"H-3 sudah di lapangan dengan total 271 personil, dan ada juga bantuan sekitar 150 personil dari Kodam. Seluruh TPS sudah dipetakan, dan kita berharap agar pemilu nanti berjalan aman tanpa kerawanan yang bisa memicu konflik sosial," tambahnya.

Dalam mengantisipasi kemungkinan kerawanan, Dandim Satria menyebutkan bahwa kondisi medan dan cuaca menjadi indikator utama. Adanya kesalahan atau kerusakan di lapangan mungkin membutuhkan waktu untuk surat penggantian. Adapun distribusi menggunakan perahu karet, terutama di daerah jauh, memerlukan koordinasi yang baik dengan aparat.

"Kerjasama dengan instansi lain termasuk TNI-Polri yang memiliki perahu karet sudah terjalin. Kita antisipasi kerawanan medan dan cuaca, dan kita sudah berkoordinasi dengan pihak KPU. Semoga proses penyaluran logistik dan pengamanan berjalan lancar tanpa hambatan. Jika ada keadaan emergensi, kita akan lapor dan siap memberikan bantuan, termasuk antisipasi dengan helikopter jika diperlukan," pungkasnya. (dri)

Pasang Iklan
Top