• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Peninjauan Bupati Edi Damansyah di gudang KPU Kukar.


TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, bersama Forkopimda melakukan peninjauan ke gudang KPU Kukar pada Jum'at (2/2/24) pagi. Langkah ini dilakukan untuk memastikan kesiapan logistik pemilu yang akan didistribusikan ke setiap kecamatan.

Edi Damansyah mengatakan bahwa persiapan KPU Kukar sudah mencapai 80 persen, dengan koordinasi yang baik untuk mengantisipasi kerawanan terutama terkait geografis Kukar. Beberapa kondisi khusus, seperti di Kecamatan Anggana dan pulau-pulau kecil, serta zona hulu dengan infrastruktur telekomunikasi yang masih kurang mendukung, menjadi fokus antisipasi.

"Forkopimda akan membantu mengawal pendistribusian logistik, dan kami siap memberikan dukungan konkrit, bahkan mengambil alih posisi jika diperlukan. Semoga proses pemilu, terutama penghitungan suara pada 14 Februari, berjalan dengan baik,"kata Edi Damansyah.

Pemkab Kukar juga menegaskan keterlibatan Forkopimda dalam memberikan dukungan, termasuk pengawalan distribusi logistik. Dalam hal ini, Forkopimda siap mengambil alih tanggung jawab jika terjadi situasi tertentu, seperti pendistribusian kertas suara di titik-titik tertentu.

Sementara Ketua KPU Kukar, Purnomo, menjelaskan bahwa proses pendistribusian logistik dilakukan dengan langkah-langkah konkret, mengingat karakteristik demografis Kukar yang mencakup wilayah darat dan air. Pihaknya telah merencanakan pendistribusian logistik dengan mempertimbangkan keberadaan wilayah terjauh dan terluar.

"Pendistribusian ke wilayah terjauh terluar akan dilakukan H-7 rencana kerja kami, dan terdekat H-3. Kami juga telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait, dan jika diperlukan kendaraan khusus seperti double kabin dan double gardan akan diminta dukungan moda transportasi itu," ungkap Purnomo.

Dalam upaya meminimalkan risiko, logistik yang melalui jalur air akan dilapisi dan dibungkus plastik di luar, sementara di dalamnya juga akan dilapisi plastik.

"Kami berharap pendistribusian logistik pemilu berjalan lancar." tutupnya. (dri)

Pasang Iklan
Top