• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Rapat koordinasi bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kukar


TENGGARONG, Kutairaya.com - Dalam upaya memajukan sektor pariwisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) menunjukkan komitmen melalui perencanaan kegiatan strategis. Salah satu langkahnya adalah menggagas kolaborasi antara kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan badan usaha milik desa (Bumdes).

Ridha Fatrianta, Kabid Pengembangan Pariwisata Dispar Kukar, mengungkapkan rincian rencana kegiatan strategis tersebut saat mengikuti rapat koordinasi (rakor) yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar, Kamis (1/2/24).

Melalui kerjasama ini, diharapkan terbentuk unit usaha yang kuat di desa, dengan kemungkinan penggalangan dana tambahan dari Bumdes untuk pokdarwis.

"Rencana kegiatan strategis ini akan diterapkan pada tahun 2025, dan inisiatif pengelola wisata akan memainkan peran kunci dalam implementasinya," ungkap Ridha.

Dukungan yang diberikan oleh Dispar Kukar melibatkan pendekatan inisiatif dari pihak pengelola wisata untuk memberdayakan diri mereka sendiri. Dispar Kukar telah aktif mendukung kepariwisataan di desa, khususnya pokdarwis yang telah diakui melalui Surat Keputusan (SK) Bupati.

Dan dukungan ini mencakup bantuan sarana dan prasarana kepariwisataan. Ridha berharap bahwa rencana kegiatan strategis ini dapat diintegrasikan secara efektif, meningkatkan perekonomian lokal, dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Harapannya adalah menghasilkan integrasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sehingga program kegiatan dapat terintegrasikan dengan baik dan memiliki fokus dan tujuan yang seragam," tandasnya. (adv/dri)

Pasang Iklan
Top