• Senin, 15 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pertama di Kalimantan Timur, Pemerintah Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan membuat tempat wisata baru bernama Emastri Park yang menghadirkan wahana Rainbow Slide. Dengan hadirnya wisata tersebut mampu membantu meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Wisata yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta KM 17 Desa Batuah tersebut buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 18.00 wita. Dalam Emastri dengan luas lahan sekitar 9,8 hektare tersebut terdapat beberapa wahana yang siap memanjakan pengunjung, namun saat ini baru satu wahana yang menjadi daya tarik para pengunjung yakni Rainbow Slide. Pengunjung dapat menikmati Rainbow Slide

Kepala Desa Batuah Abdul Rasyid untuk tiket masuknya belum diberlakukan, namun jika pengunjung ingin bermain wahana baru rainbow slide dikenakan, Rp 30.000 untuk 3 kali main.

Terbentuknya wisata ini dirinya sebelumnya berkeliling ke beberapa tempat di Jawa, rainbow slide itu adalah salah satu yang di cari orang. Karena kalau di Kaltim belum ada.

"Meskipun bertahap pengerjaan kita tetap buka, kami ingin melihat animo masyarakat dan memang luar biasa animo masyarakat dan ini sempat viral juga. Dan wahana ini baru di Kaltim, bisa dicek lah, saya dengar di Samarinda mau buka dan kami sudah mendahului." ungkap Rasyid kepada awak media Minggu (14/1/24).

Rasyid mengungkapkan bahwa Emastri ini konsepnya dibangun oleh investor tetapi secara pengelolaan itu Pemerintah Desa Batuah yang mengelola. Dengan melibatkan masyarakat setempat. Jadi nanti desa memperoleh Pendapatan Asli Desa dari wisata ini,

"Sudah ada presentasinya, dan sudah kita buatkan perjanjian. Nanti misalkan dari tiket masuk itu berapa persen jatahnya ke desa menjadi PADes."ucapnya.

Ia menyebutkan bahwa ada sekitar 7 wahana yang ditawarkan diantaranya biang lala, kora-kora, kolam renang, flaying foxs, perkemahan, istana balon, tapi semuanya sedang bertahap, saat ini yang baru dibuka yakni wahana rainbow slide yang lagi banyak peminatnya.

"Karena dari awal Januari kita buka itu sudah lumayan banyak pengunjungnya. Di hari minggu itu saja bisa tembus 700 orang. Jadi alhamdulillah wahana rainbow slide itu yang paling dominan saat ini. Nah bulan depan nanti secara bertahap kita buka, karena konsep wisata ini adalah konsep supaya nanti orang setiap bulan selalu ada yang baru meskipun sudah jadi cuma proses yang mulai dijalankan itu dibuat bertahap."ungkapnya.

Ia mengungkapkan selain menyediakan wahana permainan, juga ada tempat pertemuan lengkap dengan punggungnya. Tempat tersebut disewakan Rp 2.500.000 per kegiatan, dan ada tempat penginapannya dengan tarif Rp 500.000 per malam. Kemudian nanti juga akan ada perkemahan, jadi kalau orang hobi kemah disiapkan lapangannya.

"Alhamdulilah untuk pengunjung yang datang cukup banyak yang berasal dari berbagai daerah, paling banyak dari Sangata, kemudian Bontang, Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong. Semoga kedepan wisata ini bisa berkembang dan banyak diminati masyarakat." pungkasnya. (dri)

Pasang Iklan
Top