• Sabtu, 27 Juli 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Setelah empat tahun tidak beroperasi karena covid 19 dan perbaikan, Objek Wisata Planetarium Jagad Raya Tenggarong kini kembali dibuka pada Senin (1/1/24), dan telah dibanjiri pengunjung yang ingin menikmati liburan.

Operator Planetarium, Wedy Handoko, mengungkapkan bahwa antusiasme pengunjung sangat tinggi setelah vakum selama 4 tahun. Mereka penasaran dengan perubahan yang ada di planetarium.

"Pembukaan planetarium setiap hari dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore, dengan harga tiket Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 15.000 untuk dewasa, pengunjung dapat menonton film tentang antariksa serta melihat ornamen planet dan fasilitas santai yang disediakan," kata Handoko pada Selasa (2/1/24).

Handoko menyebut bahwa jumlah pengunjung mencapai sekitar 700 orang pada hari pertama, mayoritas dari Tenggarong dan sekitarnya, namun juga ada yang datang dari Balikpapan, Penajam Paser Utara, dan Samarinda.

"Ada 8 kali penayangan film dengan kapasitas sekitar 90 kursi per putaran. Kami memiliki proyektor baru dari Amerika Serikat, dan respon pengunjung sangat positif, mereka menganggap wisata di sini edukatif," tambahnya.

Sebelum pembukaan, promosi dilakukan melalui media sosial untuk menarik minat pengunjung.

Salah satu pengunjung, Sri dari Samarinda, mengaku mengetahui pembukaan planetarium dari Instagram beberapa hari sebelumnya. Ini adalah kunjungannya yang pertama.

"Saya senang bisa berkunjung ke planetarium ini. Saya datang untuk bernostalgia dengan masa kecil, terakhir kali saya kesini waktu SD tahun 2013, sekarang baru bisa kembali setelah lulus kuliah," katanya.

Sri berharap fasilitas di planetarium ditingkatkan, termasuk tambahan ornamen dan museum planetarium yang bisa memberikan pengetahuan tambahan kepada anak-anak. Dia juga menginginkan peningkatan informasi terkait jam buka dan mengelola media sosial agar lebih informatif. (dri)

Pasang Iklan
Top