• Rabu, 17 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




BALIKPAPAN (KutaiRaya.com) - Wakil Kepala SKK Migas Nanang Abdul Manaf melakukan peresmian Migas Center STT Migas Balikpapan pada (31/12). Peresmian ini dilakukan disela-sela rangkaian kegiatan kunjungan kerja Wakil Kepala SKK Migas di Kalimantan Timur menjelang akhir tahun 2023.

Dalam peresmian tersebut hadir pula Kepala Perwakilan SKK Migas Kalsu Azhari Idris, Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi D. Suryodipuro, Direktur Pertamina Hulu Indonesia, GM Pertamina Zona 8, GM Pertamina Zona 9 dan GM Pertamina Zona 10. Sedangkan dari kampus dihadiri langsung Ketua Yayasan STT Migas Lauhil Mahfudz ST, Ketua STT Migas Lukman ST MT dan para Dosen dan Pengajar di STT Migas Balikpapan.

Disampaikan dalam sambutannya oleh Wakil Kepala SKK Migas, Nanang Abdul Manaf bahwa tujuan dari pembuatan Migas Center sebagai sarana pembelajaran interaktif bagi mahasiswa STT migas sekaligus memberikan pemahaman mahasiswa tentang proses hulu migas.

"Migas Center ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan-perisahaan Migas yang beroperasi di Kaltim untuk mahasiswa yang menekuni dibidang perminyakan. Migas Center sebagai wadah belajar dan diskusi bagi para civitas akademika mengenai kegiatan hulu migas," terang Nanang.

"Hal ini sekaligus menunjukkan upaya nyata industri hulu migas dalam mengembankan dan memberikan kesempatan bagi institusi pendidikan di sekitar wilayah operasi hulu migas dan masyarakat lokal untuk lebih berkiprah dalam industri hulu migas dimasa yang akan datang," imbuh Nanang.

Ditambahkan, Migas Center dilengkapi dengan fasilitas, TV 75’’, Virtual reality (VR), maket proses Hulu migas – ke Hilir, Buku buku migas dan area baca mahasiswa yang didesain dengan konsep kekinian dan openspace. Sehingga mahasiswa dan civitas kampus akan lebih mudah lagi memahami bagaiman proses industry migas ini dari hulu hingga ke hilir.

Kepala Perwakilan SKK Migas Kalsul; Azhari Idris menyampaikan bahwa kehadiran migas center ini dapat menciptakan mahasiswa yang paham mengenai Industri Hulu Migas sehingga mereka dapat menjadi agen untuk turut menyampaikan informasi yang tepat mengenai hulu migas kepada masyarakat luas. Dia mengharapkan, manfaat positif Migas Center dalam turut mengembangkan SDM lokal, tentunya diharapkan akan semakin meningkatkan dukungan dari para pemangku kepentingan terhadap kelancaran operasi hulu migas.

Dalam kesempatan tersebut tak lupa Nanang mengucapkan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada Perwakilan SKK Migas Kalsul, KKKS Eni MB, Pertamina EP, Pertamina Hulu Mahakam, Pertamina Hulu Sanga Sanga, Pertamina Hulu Kalimantan Timur yang telah menginisiasi Program Migas Center hingga terealisasi pembuatannya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Ketua STT Migas; Lukman ST MT menyampaikan apresiasinya kepada Industri Hulu Migas. Sebagai Sekolah Teknik Perminyakan satu satunya di Wilayah Kalimantan Timur, tentunya perlu mendapat atensi dari perusahaan migas. Kesamaan interest dalam perminyakan harapan kedepannya akan semakin banyak sinergi yang bisa dilakukan oleh kedua pihak.

"Kolaborasi yang terjalin selama ini cukup baik, dari program Kuliah Umum, Dosen Tamu, Kuliah Lapangan Hingga Diskusi mengenai Kurikulum sudah pernah dilakukan oleh STT Migas dengan SKK Migas," tutup Lukman. (One)

Pasang Iklan
Top